IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN CRITICAL THINKING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Dani, Prasetyo (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR DAN CRITICAL THINKING PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Dani Prasetyo Yudho-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang bahwa dalam melakukan pembelajaran masih menggunakan pendekatan konvensional. Kurang terlibatnya peserta didik selama pembelajaran menjadi salah satu alasan nilai kognitif masih rendah. Sedangkan pendekatan kontekstual bila digunakan dalam pembelajaran akan dapat memenuhi kebutuhan peserta didik, karena pendekatan kontekstual menuntut keaktifan guru dan peserta didik serta menuntut peserta didik untuk mengaitkan materi pelajaran dengan dunia nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dengan model pembelajaran konvensional, (2) Untuk mengetahui peningkatan critical thinking peserta didik terhadap pembelajaran IPA dengan model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan, (3) Untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan menggunakan rancangan pretest and posttest comparation grup quation experiment design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Slawi tahun ajaran 2019/2020 yang terbagi menjadi 4 kelas yang diajar oleh guru yang sama. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dengan sampel penelitian 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang terdapat 32 peserta didik setiap kelas. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda. Teknik analisi data menggunakan uji t-test. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung=3,174 > ttabel=1,708. (2) Model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan menunjukan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari nilai thitung =10,304 > ttabel =1,708. (3) Model pembelajaran kontekstual berbasis lingkungan cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari uji efektifitas dimana kelas eksperimen memperoleh skor n-gain 57,0

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QE Geology
Depositing User: instansi publikasi
Date Deposited: 27 Aug 2020 04:46
Last Modified: 10 Jan 2023 01:37
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2490

Actions (login required)

View Item View Item