Majas Personifikasi dalam antologi puisi Hujan Bulan Juni Sepilihan Sajak Karya Sapardi Djoko Damono dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Dessy, Indah Nur Halimah (2020) Majas Personifikasi dalam antologi puisi Hujan Bulan Juni Sepilihan Sajak Karya Sapardi Djoko Damono dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Dessy Indah Nur Halimah (1516500083) PBSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

HALIMAH, DESSY I N. 2020 . “Majas Personifikasi dalam antologi puisi Hujan Bulan Juni Sepilihan Sajak Karya Sapardi Djoko Damono dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Tri Mulyono, M.Pd., Pembimbing II Syamsul Anwar, M.Pd. Kata Kunci: Majas Personifikasi, Puisi, dan Implikasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan majas personifikasi dalam antologi Puisi Hujan Bulan Juni Sepilihan Sajak Karya Sapardi Djoko Damono dan implikasinya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan objektif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah kumpulan puisi Hujan Bulan Juni Sepilihan Sajak karya Sapardi Djoko Damono dan wujud data dalam penelitian ini adalah berupa baris dan bait yang mengandung majas personifikasi yang terdapat pada kumpulan puisi Hujan Bulan Juni Sepilihan Sajak karya Sapardi Djoko Damono. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu teknik baca dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif analisis. Dalam pelaksanaan penelitian ini, penyajian hasil analisis data dalam bentuk informal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam kumpulan puisi Hujan Bulan Juni Sepilihan Sajak karya Sapardi Djoko Damono mengandung unsur majas personifikasi yang berjumlah 36 dari 20 judul puisi yang meliputi 3 kali dalam puisi Tentang Seorang Penjaga Kubur yang Mati, Tentang Matahari, Ziarah dan Cermin 2; 2 kali pada puisi Saat Sebelum Berangkat, Berjalan di Belakang Jenazah, Sonet: Hei Jangan Kau Patahkan!, Maura, Bunga 1, Bunga 2, Aku Ingin, dan Pada Suatu Malam; 1 kali dalam puisi Tangan Waktu,Di Pemakaman,Lanskap, Kami Bertiga, Ketika Jari–jari Bunga Terbuka, Berjalan ke Berat Waktu Pagi Hari, Telur 2 dan Cermin 1. Hasil penelitian ini diimplikasikan dalam pelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X pada KD 3.17 menganalisis unsur pembangunan puisi. Dari hasil penelitian disarankan kepada guru bahasa Indonesia untuk memiliki pengetahuan tentang majas serta dijadikan sebagai bahan acuan dalam kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan sebagai bahan bacaan yang menyenangkan dan bermanfaat bagi pembaca.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
A General Works > AS Academies and learned societies (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Dessy Indah Nur Halimah Dessy
Date Deposited: 28 Aug 2020 00:45
Last Modified: 28 Aug 2020 00:45
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2544

Actions (login required)

View Item View Item