ASPEK MOTIVASI PADA NOVEL DI BAWAH LANGIT MADANI KARYAYF RIJAL (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMP

Nur Azizah, Fatin (2019) ASPEK MOTIVASI PADA NOVEL DI BAWAH LANGIT MADANI KARYAYF RIJAL (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK) DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA DI SMP. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI FATIN NUR AZIZAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Azizah, Nur Fatin. 2019 “Aspek Motivasi Pada Novel Di Bawah Langit Madani Karya YF Rijal (Kajian Psikolinguistik) dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP” Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II : Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Kata kunci : Aspek motivasi, Novel, Implikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek motivasi pada novel Di Bawah Langit Madani karya YF Rijal, Unsur Pembangun pada novel dan hasil penelitian implikasi terhadap pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMP. Penelitian ini juga bermanfaat untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan, khususnya yang berkaitan dengan bahasa dan sastra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah novel Di Bawah Langit Madani karya YF Rijal. Wujud data dalam penelitian ini berupa kutipan teks yang mengandung Aspek Motivasi dan Unsur Pembangun novel. Teknik penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan teknik catat. Teknik ini digunakan karena datanya berupa karya sastra yaitu novel. Teknik analisa data dengan menggunakan teknik deskriptif. Teknik penyajian hasil analisis menggunakan metode informal. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: 1. Aspek motivasi pasif (statis) 2. Aspek motivasi dinamis 3. Unsur pembangun novel. Bahwa penelitian Aspek Motivasi Pada Novel Di Bawah Langit Madani Karya YF Rijal (Kajian Psikolinguistik), terdapat empat belas data aspek motivasi sedangkan untuk unsur pembangun novel terdapat 22 data yang diambil sebagai data penelitian, berikut diantaranya: 6 aspek motivasi pasif (statis), 8 aspek motivasi dinamis, 1 tema, 3 alur, 10 perwatakan, 4 latar dan setting , 2 gaya bahasa, 2 unsur agama. Implikasi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP semester genap siswa kelas IX. Kompetensi dasar dalam pembelajaran ini adalah 3.12 menelaah stuktur dan kebahasan teks ulasa (novel). Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di SMP. Penelitian ini diharapakan dapat memberikan manfaat bagi guru untuk memberi motivasi kepada siswa. Penelitian ini diharapkan bisa menjadi pembelajaran yang positif bagi siswa SMP.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 25 Oct 2019 14:47
Last Modified: 25 Oct 2019 14:47
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item