IKON, INDEKS DAN SIMBOL PADA NOVEL TUHAN, IZINKAN AKU MENJADI PELACUR! MEMOAR LUKA SEORANG MUSLIMAH KARYA M. MUHIDIN DAHLAN SEBAGAI REKOMENDASI DALAM PENGAJARAN BAHASAINDONESIA DI SMA

Mukaromah, Siti (2020) IKON, INDEKS DAN SIMBOL PADA NOVEL TUHAN, IZINKAN AKU MENJADI PELACUR! MEMOAR LUKA SEORANG MUSLIMAH KARYA M. MUHIDIN DAHLAN SEBAGAI REKOMENDASI DALAM PENGAJARAN BAHASAINDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
DRAF SKRIPSI SANGAT LENGKAP-converted.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mukaromah, Siti. 2020. Analisis Ikon, Indeks dan Simbol Pada Novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur! Memoar Luka Seorang Muslimah Karya M. Muhidin Dahlan (Kajian Semiotik) sebagai Rekomendasi Dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Tri Mulyono, M.Pd. Pembimbing II : Vita Ika Sari, M.Pd. Kata Kunci: Semiotika, Charles Sanders Pierce, Novel Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan wujud tanda pada novelTuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur! Memoar Luka Seorang Muslimah Karya M. Muhidin Dahlan, fungsi dan makna, serta keterbatasannya dalam implikasinya sebagai rekomedasi pembelajaran di SMA. Penelitian ini mnggunakan pendekatan objektif dengan metode deskriptif analisis. Dengan sumber utama data adalah novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur! Memoar Luka Seorang Muslimah Karya M. Muhidin Dahlan. Wujud data berupa kata, frasa, klausa, dan kalimat yang teridentifikasi dalam novel terkait. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat. Teknik analis data mengacu ada kajian semiotika teori Charles Sander Pierce. Teknik penyajian hasil analis disajikan secara informal. Hasil penelitian semiotika dari novel Tuhan, Izinkan Aku Menjadi Pelacur! Memoar Luka Seorang Muslimah Karya M. Muhidin Dahlanatas aspek semiotika yang meliputi ikon, indeks, dan simbol menggunakan teori Charles Sanders Pierce sebagai rekomendasi pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA, hasil penenelitian dapat disimpulkan sebagai berikut; dari hasil penelitian data yang diperoleh mencapai 128 data yang terdiri dari 1,6% dari jumlah seluruh data merupakan aspek ikon, 58,6% merupakan data indeks, dan 39,8% data merupakan data simbol. Dari penelitian ini meskipun novel memiliki unsure yang dibutuhkan dalam penelitian namun tidak dapat dijadikan sebagai bahan ajar di tingkat menengah atas dikarenakan menggandung konflik sosial yang memicu unsur SARA, kekerasan dan pornografi, namun jika terpaksa harus tetap menggunakan novel ini pendidik dapat menggunakan nilai-nilai pada novel terkait untuk dijadikan sebagai pembelajaran. Disisi lain penulit merekomendasikan novel lain untuk dijadikan sebagai bahan aja yakni, novel Kuantar Kau Ke Gerbang karya Ramadhan K.H., yang terbilang jauh lebih aman untuk dijadikan sebagai bahan ajar ditingkat menengah atas. Karena selain memiliki aspek semiotika yang dibutuhkan oleh penulis, novel tersebut juga kaya akan sejarah, diksi yang digunakan juga lebih mudah dipahami oleh para pelajar.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Siti Mukaromah
Date Deposited: 28 Aug 2020 00:46
Last Modified: 28 Aug 2020 00:46
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item