PENGGUNAAN PREPOSISI DALAM NOVEL BULAN KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

agustin Ayu, Sekar Negari (2019) PENGGUNAAN PREPOSISI DALAM NOVEL BULAN KARYA TERE LIYE DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
AGUSTIN AYU SEKAR N 1515500006-converted.pdf

Download (1MB)

Abstract

Negari, Agustin Ayu Sekar. 2019. “Penggunaan Preposisi dalam Novel Bulan Karya Tere Liye dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dra. Sri Mulyati, M.Pd. Pembimbing II Vita Ika Sari, M.Pd. Kata Kunci : penggunaan preposisi, implikasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan preposisi dalam Novel “ Bulan Karya Tere LIye”. Mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan preposisi. Sumber data dalam penelitian ini adalah kalimat dalam novel “Bulan” karya Tere Liye. Data dalam penelitian berupa kata atau kalimat yang mengandung preposisi dalam novel “Bulan” karya Tere Liye. Untuk mndapatkan data dilakukan dengan metode simak dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode Agih yang alat penentunya berada dalam bahasa, menjadi bagian dari bahasa (langue) yang bersangkuta atau diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam novel “Bulan” karya Tere Liye terdapat 164 penggunaan preposisi yang terdiri berdasarkan fungsi dan maknanya yaitu : (1) Preposisi Monomorfemis berjumlah 132 kalimat., (2) Preposisi Polimorfemis terbagi menjadi 3 yaitu, a. preposisi polimorfemis berafiks terdapat 10 kalimat; b. Preposisi gabungan kata berjumlah 21 kalimat; c. Preposisi Majemuk terdapat 1 kalimat. Penelitian penggunaan preposisi pada novel bulan karya Tere Liye dapat di implikasikan ke dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA yaitu pada kompetensi dasar 3.6 menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial kelas XII SMA semester 1. Saran-saran yang ingin disampaikan oleh penulis antara lain: guru diharapkan dapat memberikan pengetahuan lebih dalam mengenai preposisi, karena dalam proses menulis perlu adanya penggunaan preposisi yang sesuai. Peneliti lain dapat memanfaatkan penelitian ini sebagai referensi untuk lebih dikembangkan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 25 Oct 2019 14:47
Last Modified: 25 Oct 2019 14:47
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/262

Actions (login required)

View Item View Item