UPAYA PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWI MELALUI EKSTRA KURIKULER BIMBINGAN KEPUTRIAN DI SMPN 2 BABAKAN TAHUN 2020

EVI RAHMAWATI ALVIA, EVI RAHMAWATI ALVIA (2020) UPAYA PENINGKATAN KARAKTER RELIGIUS SISWI MELALUI EKSTRA KURIKULER BIMBINGAN KEPUTRIAN DI SMPN 2 BABAKAN TAHUN 2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASILA TEGAL.

[img] Text
SKRIPSI EVI FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

EVI RAHMAWATI A, 2020. “Upaya Peningkatan Karakter Religius Siswi Melalui Ekstrakurikuler Bimbingan Keputrian di SMPN 2 BABAKAN Cirebon Tahun 2020” Skripsi. Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Subiyanto, M.Pd Pembimbing II : Wahyu Jati Kusuma, M.Hum Kata Kunci : Penanaman Moral sangat penting ditanamkan sedini mungkin kepada anak, sehingga menjadi modal bagi anak di saat tumbuh menjadi manusia dewasa. Keberadaan peningkatan karakter religius bagi siswi di SMPN 2 BABAKAN Cirebon sangat penting, baik dilihat dari proses maupun hasilnya. Dalam proses pendidikan di Indonesia, siswa merupakan indikator keberhasilan peningkatan karakter religius, karena merupakan akumulasi hasil pendidikan mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi. Lima atau sepuluh tahun berikutnya merekalah yang akan menghiasi perjalanan bangsa Indonesia, sehingga peletakan dasar moral yang baik menjadi suatu keharusan yang dilakukan agar bangsa ini tidak semakin terpuruk pada kondisi degradasi moral yang luar biasa, demikian halnya tentang Proses Penanaman Nilai Moralitas Siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis diskriptif. Penggunaan metode penelitian kualitatif, untuk memahami interaksi sosial, mengungkap perasaan, serta memahami makna dari kondisi karakter religius siswa dibalik data yang tampak. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa proses penanaman nilai moralitas siswa di SMPN 2 BABAKAN - Cirebon, mencakup komponen yang pertama melibatkan penegakan disiplin dengan mengekang keinginan siswa sehingga memberi kesempatan pada siswa untuk belajar lebih baik, kedua menghendaki keterikatan dengan seluruh warga sekolah dalam kehangatan sehingga tercipta kerelaan siswa untuk belajar dan ketiga adalah memberikan otonomi sehingga siswa bertanggung jawab atas tindakan yang berdasarkan rasionalnya.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasaila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Evi Rahmawati Alvia
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:59
Last Modified: 10 Jan 2023 03:11
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2623

Actions (login required)

View Item View Item