Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Interaksi Sosial Pada Program Studi Bimbingan Konseling Tahun Akademik 2019-2020 Universitas Pancasakti Tegal

Afidatama, Mohammad Fakhrizal (2020) Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Interaksi Sosial Pada Program Studi Bimbingan Konseling Tahun Akademik 2019-2020 Universitas Pancasakti Tegal. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Sidang Benar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh intensitas bermain Game Online terhadap interaksi sosial. Sebagai Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Bimbingan Konseling tahun akademik 2019-2020 sebanyak 303 orang Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional cluster random sampling. Populasi sebanyak 303 sampel diambil sebanyak 31% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 76 mahasiswa. Adapun diambil dengan angket dan dokumentasi. Data analisis dengan uji kategorisasi dan uji regresi linear sederhana. Sebelumnya data di uji dengan uji validitas dan reliabilitas. Uji validitas menggunakan Product moment sehingga diperoleh 24 butir valid dari 30 butir soal terkait intensitas bermain game online dan 25 butir soal valid dari 30 butir soal terkait interaksi sosial. Uji Reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown sehingga di peroleh hasil r1.1 = 0,411 yang kemudian dikonsultasikan dengan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 38 hasilnya di peroleh 0,226 yang berarti dengan demikian rhitung lebih besar bila dibandingkan dengan rtabelyaitu 0,411 > 0,226, maka hasil dari perhitungan tersebut dapat dinyatakan reliabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa, ada pengaruh antara intensitas bermain game online terhadap interaksi sosial. Kemudian diketahui ada pengaruh yang kuat dari intensitas bermain game online dengan tingkat pengaruh 55%. Selain itu diketahui pula ada pengaruh yang kuat dari interaksi sosial dengan tingkat pengaruh sebesar 53%.Adapun hasil perolehan analisis regresi linier sederhana adalah 18,719 maka dapat di simpulkan adanya pengaruh intensitas bermain game online terdahap interaksi sosial yaitu sebesar 31% dan sisanya 69% yang tidak dapat di sebutkan oleh penulis. Adapun saran yang diajukan untuk peserta didik untuk Fakultas yaitu dengan meningkatkan pengawasan tehadap mahasiswa yang menggunakan smartphone terutama ketika jam perkuliahan berlangsung, bagi mahasiswa membatasi aktifitas bermain game online pada smartphone sehingga tidak sampai melupakan aktifitas penting atau kewajibanya sebagai mahasiswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mohammad Fakhrizal Afidatama
Date Deposited: 03 Sep 2020 04:57
Last Modified: 10 Jan 2023 01:30
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2682

Actions (login required)

View Item View Item