Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Wondershare Quiz creator ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis

Bella difa, Aryana (2020) Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Wondershare Quiz creator ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. Skripsi thesis, Universitas pancasakti kota tegal.

[img] Text
SKRIPSI BELLA DIFA A-1713500119.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Aryana, Bella Difa. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui model pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Wonder Share Quiz Creator di Tinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis (Studi Penelitian di SMP Negeri 13 Kota Tegal Kelas VIII Pada Materi Kubus dan Balok Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Paridjo, M.Pd Pembimbing II Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom Kata Kunci : Peningkatan, Hasil Belajar, Think Pair Share, Kemampuan komunikasi Matematis dan Wonder Share Quiz Creator. Permasalahan utama yang terjadi dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa, sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Maka dari itu, perlu adanya proses pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Wonder Share Quiz Creator. Adapun penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Wondershare Quiz Creator mencapai KKM lebih dari 50%, 2) ada perbedaan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share berbantuan Wondershare Quiz Creator lebih baik dari model pembelajaran ekspositori, 3) terdapat peningkatan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model Thin Pair Share berbantuan Wondershare Quiz Creator ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis tinggi, 4) terdapat peningkatan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model Thin Pair Share berbantuan Wondershare Quiz Creator ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester Ganjil SMP Negeri 13 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 245 siswa. Dari populasi diambil sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling dan terpilih kelas VIII A (eksperimen) kelas VIII B (kontrol) serta VIII E (uji coba). Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, tes dan angket. Instrumen telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji Proporsi, uji Rancangan Acak Kelompok dan uji Benferoni,.Hasil penelitian menyatakan bahwa : 1) hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model Think Pair Share berbantuan Wonder Share Quiz Creator mencapai target, 2) ada perbedaan peningkatan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model Think Pair Share berbantuan Wondershare Quiz Creator lebih baik dari model pembelajaran ekspositori, 3) terdapat peningkatan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model Thin Pair Share berbantuan Wondershare Quiz Creator ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis tinggi,. 4) terdapat peningkatan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model Thin Pair Share berbantuan Wondershare Quiz Creator ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis rendah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Bella Difa Aryana
Date Deposited: 04 Sep 2020 01:56
Last Modified: 10 Jan 2023 01:26
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2696

Actions (login required)

View Item View Item