PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP PEMAHAMAN KOMPETENSI MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL TAHUN AKADEMIK 2019/2020

AZMA AFIA, ALAENA (2020) PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN TERHADAP PEMAHAMAN KOMPETENSI MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL TAHUN AKADEMIK 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Alaena Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

AFIA, ALAENA AZMA. 2020. Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Pemahaman Kompetensi Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Yayat Hidayat Amir, M.Pd Pembimbing II A. Rony Yulianto, M.Pd Kata Kunci: Minat Menjadi Guru, Praktik Pengalaman Lapangan, Pemahaman Kompetensi Mengajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya (1) pengaruh minat menjadi guru terhadap pemahaman kompetensi mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal, (2) pengaruh praktik pengalaman lapangan terhadap pemahaman kompetensi mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal, dan (3) pengaruh minat menjadi guru dan praktik pengalaman lapangan terhadap pemahaman kompetensi mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah korelasional asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi yang telah mengikuti praktik pengalaman lapangan dan sampel diambil semua. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripif, analisis regresi linier sederhana, dan analisis regresi linier beganda. Hasil penelitian menujukkan (1) minat menjadi guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman kompetensi mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal, (2) praktik pengalaman mempunyai pengaruh yang signifikan lapangan terhadap pemahaman kompetensi mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal, dan (3) minat menjadi guru dan praktik pengalaman lapangan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman kompetensi mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang diberikan adalah kepada program studi dan dosen pendidikan ekonomi melakukan evaluasi untuk meningkatkan kamampuan mengajar mahasiswa sehingga menghasilkan output yang kompeten dan berkualitas khususnya dalam menjadi guru. Untuk mahasiswa calon guru diharapkan dalam memilih jurusan maka harus konsisten dan menekuni jurusan yang telah dipilih, khususnya mahasiswa yang telah memilih jurusan kependidikan yang pada akhirnya akan bergelar sarjana pendidikan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Sep 2020 03:07
Last Modified: 04 Feb 2022 03:02
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2708

Actions (login required)

View Item View Item