Pemberian Layanan Klasikal Dengan Menggunakan LMS Google Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas XI Multimedia Smk Muhammadiyah 01 Kota Tegal

Nur Amaluna, Afiah (2020) Pemberian Layanan Klasikal Dengan Menggunakan LMS Google Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Peserta Didik Kelas XI Multimedia Smk Muhammadiyah 01 Kota Tegal. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Skripsi Nur Amaluna Afiah 1116500041.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Layanan Klasikal LMS Google Classroom, Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh Guru Bimbingan Konseling (Guru BK) tidak mendapatkan jam masuk kelas untuk memberikan program layanan klasikal. Sehingga, menghambat dalam pemberian layanan bidang belajar. Oleh karena itu diperlukan alternatif untuk membantu tugas guru BK dalam pemberian layanan bimbingan klasikal pada peserta didik secara optimal dengan memanfaatkan kemajuan teknologi berbantuan LMS (Learning Manajemen System) Google Classroom. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pemberian layanan klasikal sebelum menggunakan LMS Google Classroom pada SMK Muhammadiyah 01 Kota Tegal. (2) Kondisi setelah diberikan layanan klasikal dengan menggunakan LMS Google Classroom pada SMK Muhammadiyah 01 Kota Tegal. (3) Ada tidaknya peningkatan prestasi belajar pada peserta didik setelah diberikan layanan klasikal dengan menggunakan Google Classroom. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen. Populasi yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Multimedia SMK Muhammadiyah 01 Kota Tegal. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling, yaitu peserta didik XI MM1 dan XI MM2 yang memiliki prestasi belajar rendah berjumlah 20 responden Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t dengan analisis data pra syarat uji normal kolmogrov simprov dan uji analisis data paired sampel test. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pretest terhadap sampel dapat diketahui nilai pretest tertinggi 195 nilai terendah 123 jumlah total nilai dari 20 responden adalah 3217 dengan rata – rata yang diperoleh 160,85 (2) Nilai posttest tertinggi adalah 199 dengan nilai terendah 153 jumlah total nilai dari 20 responden adalah 3565 rata- rata nilai yang diperoleh 178,25. (3) Ada peningkatan yang signifikan terhadap prestasi belajar. Saran yang diberikan dalam penelitian ini (1) LMS Google Classroom hendaknya dapat dimanfaatkan guru BK dalam memaksimalkan kegiatan program BK lainnya (2) LMS Google Classroom dapat dimanfaatkan ketika dalam situasi dan kodisi darurat masa pandemi covid-19 (3) Memanfaatkan fitur yang tersedia agar lebih menarik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Nur Amaluna Afiah
Date Deposited: 09 Sep 2020 03:00
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2739

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item