ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Studi Penelitian Kualitatif pada Peserta didik Kelas VII Semester Genap Pokok Bahasan Segi Empat dan Segitiga SMP Saya Mina Bulakamba Tahun Pelajaran 2019/2020)

NAFIASIH, NOVIA (2020) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Studi Penelitian Kualitatif pada Peserta didik Kelas VII Semester Genap Pokok Bahasan Segi Empat dan Segitiga SMP Saya Mina Bulakamba Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti tegal.

[img] Text
Sampul baru.pdf

Download (4MB)

Abstract

NAFIASIH, NOVIA. 2020. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Matematika Peserta Didik (Studi Penelitian Kualitatif Peserta Didik Kelas VII Semester Genap Pokok Bahasan Segi Empat dan Segitiga SMP Saya Mina Bulakamba Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi. Pendidikan matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Unniversitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Paridjo M.Pd. Pembimbing II Ibnu Sina, S.T., M.Pd., M.Kom. Kata kunci : Analisis, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar Matematika Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi persegi panjang dan persegi kelas VII SMP Saya Mina Bulakamba ditinjau dari kemandirian belajar tinggi. (2) Untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada materi persegi panjang dan persegi kelas VII SMP Saya Mina Bulakamba ditinjau dari kemandirian belajar rendah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII A SMP Saya Mina Bulakamba Tahun pelajaran 2019/ 2020. Pengambilan subjek menggunakan purposive sampling dari nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematika sebanyak 6 subjek yaitu 2 subjek dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi, 2 subjek dengan kemampuan pemecahan sedang, dan 2 subjek kemampuan pemecahan masalah rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan wawancara. Hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memiliki kemandirian belajar tinggi memenuhi tiga indikator yaitu memahami masalah, menentukan rencana, dan melaksanakan rencana penyelesaian. 2) Kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang memiliki kemandirian belajar rendah memenuhi satu indikator yaitu memahami masalah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 15 Sep 2020 04:14
Last Modified: 15 Sep 2020 04:14
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2749

Actions (login required)

View Item View Item