POLA DISTRIBUSI DAN MARJIN PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN DI TPI PELABUHAN KOTA TEGAL

Irmayanti, Putri (2020) POLA DISTRIBUSI DAN MARJIN PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN DI TPI PELABUHAN KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Putri.pdf

Download (3MB)

Abstract

PUTRI IRMAYANTI. NPM 3116500016. Pola Distribusi Dan Marjin Pemasaran Hasil Tangkapan Ikan Di TPI Pelabuhan Kota Tegal. (Pembimbing : SRI MULYANI dan KUSNANDAR). Distribusi adalah rangkaian kegiatan menyalurkan produk dari produsen ke konsumen, dalam hal ini barang yang terjual ke konsumen sesuai yang dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi pola distribusi hasil tangkapan ikan di TPI Pelabuhan Kota Tegal dan (2) untuk mengetahui marjin pemasaran pelaku tataniaga dalam pendistribusian hasil tangkapan ikan. Dilaksanakan dalam bulan Juni 2020 di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Pelabuhan Kota Tegal. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil tangkapan ikan yang dilelang sampai ke konsumen. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan pola distribusi hasil tangkapan ikan di TPI Pelabuhan Kota Tegal. Marjin pemasaran menggunakan rumus perhitungan marjin pemasaran, biaya dan keuntungan. Saluran pemasaran pertama pada bakul ikan segar yaitu dari nelayan ke TPI ke pedagang pengepul bakul ikan segar ke pedagang besar (bakul ikan asin/gesek, bakul ikan filet dan ikan panggang) ke pengecer keliling dan pengecer di pasar ke konsumen. Saluran pemasaran kedua pada bakul ikan segar yaitu dari nelayan ke TPI ke pedagang pengepul bakul ikan segar ke pengecer keliling dan pengecer di pasar ke konsumen. Saluran pemasaran ketiga pada pedagang besar / industri pengolah ikan asin/gesek yaitu dari nelayan ke TPI ke pedagang besar bakul ikan asin/gesek ke ekspor. Saluran pemasaran keempat pada pedagang besar / industri pengolah ikan filet yaitu dari nelayan ke TPI ke pedagang besar bakul ikan filet ke ekspor. Terakhir, saluran pemasaran kelima pada pedagang besar / industri olahan ikan panggang yaitu dari nelayan ke TPI ke pedagang besar ke konsumen. Analisis marjin pemasaran menunjukkan nilai keuntungan terbesar yang di dapatkan oleh setiap pelaku pemasaran beserta persentase keuntungannya. Marjin pemasaran terbesar pada bakul ikan segar yaitu pedagang besar dengan angka sebesar Rp. 5.465,-/kg, namun untuk persentase keuntungan terbesar adalah pedagang pengepul (22%). Marjin pemasaran terbesar pada pedagang besar (bakul ikan asin/gesek) yaitu sebesar Rp. 10.362,-/kg dengan persentase keuntungan (40,74%). Marjin pemasaran terbesar pada pedagang besar (bakul ikan filet) yaitu sebesar Rp. 6.388,-/kg dengan persentase keuntungan (36,84%). Marjin pemasaran terbesar pada pedagang besar (bakul ikan panggang) yaitu sebesar Rp. 8.082,-/kg dengan persentase keuntungan (32%). Kata kunci : Pola distribusi, marjin pemasaran, hasil tangkapan, ikan, TPI Pelabuhan, Kota Tegal.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan > Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
Depositing User: Putri Irmayanti Irmayanti
Date Deposited: 18 Sep 2020 10:15
Last Modified: 18 Sep 2020 10:15
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2772

Actions (login required)

View Item View Item