MODEL ASESMEN LITERASI SAINS SISWA BERBASIS IPA TERPADU DENGAN PEMODELAN RASCH UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI LULUSAN SMA PROGRAM MATEMATIKA DAN ILMU ALAM (MIPA)

Susongko, Purwo and Kusuma, Mobinta and Arfiani, Yuni (2019) MODEL ASESMEN LITERASI SAINS SISWA BERBASIS IPA TERPADU DENGAN PEMODELAN RASCH UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI LULUSAN SMA PROGRAM MATEMATIKA DAN ILMU ALAM (MIPA). Other thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
LAPORAN+LAMPIRAN FIX.pdf

Download (8MB)

Abstract

Literasi sains adalah tujuan utama dari pembelajaran sains di semua jenjang. Hingga saat ini belum ada ujian yang cukup komprehensif untuk memastikan capaian kemampauan literasi sains siswa SMA program MIPA. Tes tersebut diharapkan berbasis IPA terpadu dan menggunakan level capaian literasi sains dengan standar Internasional seperti halnya PISA /TIMSS serta teknik pensekoran menggunakan teori tes modern ( Model Rasch ). Pada penelitian tahun pertama dapat dirumuskan tujuan penelitian sebagai berikut: (1) Membangun konstruksi tes literasi sains yang berbasis IPA terpadu untuk siswa SMA program MIPA, (2) Menguji validitas aspek isi tes literasi sains yang berbasis IPA terpadu untuk siswa SMA program MIPA, (3) Menguji kualitas dari aspek psikometri butir-butir tes literasi sains yang berbasis IPA terpadu untuk siswa SMA program MIPA, (4) Menguji validitas konstrak tes literasi sains yang berbasis IPA terpadu untuk siswa SMA program MIPA. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yaitu suatu bentuk penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Objek penelitian ini adalah instrument penilaian literasi sains siswa SMA program MIPA berbasis IPA terpadu yang disusun , direvisi, dan divalidasi dengan pemodelan Rasch. Pada rancangan penelitian pengembangan instrumen menggunakan model prosedural ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Uji Coba instrumen melibatkan 112 siswa SMA program MIPA dari SMA 2 dan SMA 3 Kota Tegal. Konstruksi tes terdiri dari 17 kasus IPA terpadu yang disajikan dalam bentuk testlet masing- masing tiga butir pertanyaan mengacu pada kompetensi literasi sains sesuai sesuai standar PISA 2015. Butir-butir tes telah memenuhi validitas dari aspek isi dan aspek psikometrik . Validasi konstrak dengan pemodelan Rasch memberikan hasil sebagai berikut: (1) Tingkat kesukaran butir berada pada range -3 hingga 3 , artinya butir-butir tes tersebut cocok untuk semua kemampuan peserta tes, (2) Pada taraf kepercayaan 95 %, ada 16 butir yang cocok dengan pemodelan , (3) Pada taraf kepercayaan 95 %, sebanyak 97,32 % respons siswa cocok dengan pemodelan, (4) Pada taraf 99 % , ada 4 butir yang mengandung DIF. Berdasarkan pertimbangan semua aspek validitas , 14 butir tes layak digunakan sebagai butir tes yang mengukur kemampuan literasi sains siswa Sekolah Menengah Atas program MIPA berbasis IPA terpadu dengan mengacu pada capaian literasi sains sesuai standar PISA 2015.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: Dr Purwo Susongko
Date Deposited: 06 Oct 2020 15:42
Last Modified: 06 Oct 2020 15:42
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/2883

Actions (login required)

View Item View Item