TINGKAT KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA UNTUK SMP NEGERI KELAS VII DI KOTA TEGAL DENGAN MENGGUNAKAN TEORI FRY

VITA IKA SARI DAN AFSUN AULIA NIRMALA (2019) TINGKAT KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA UNTUK SMP NEGERI KELAS VII DI KOTA TEGAL DENGAN MENGGUNAKAN TEORI FRY. EC00201941689.

This is the latest version of this item.

[img] Text
HAKI COMBINE.pdf

Download (1MB)

Abstract

Topik ini dipilih karena keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia di SMP Negeri Kota Tegal tidak sesuai dengan tingkat keterbacaan siswa SMP kelas VII di Kota Tegal. Hal ini mengakibatkan siswa kesulitan dalam memahami materi ajar yang disampaikan dalam buku teks. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah tingkat keterbacaan buku Teks Bahasa Indonesia di SMP Negeri Kelas VII Kota Tegal dengan menggunakan teori Fry. Selain itu penelitian ii juga mengangkat masalah tentang keterpahaman buku teks Bahasa Indonesia di SMP Negeri Kelas VII Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini dipilih untuk mendeskripsikan tingkat keterbacaan dan keterpahaman buku teks SMP Negeri di Kota Tegal dengan menggunakan teori Fry. Teknik yang digunakan penulis dalam memperoleh data yaitu dengan menggunakan Teknik observasi. Dalam hal ini, Teknik observasi dilakukan dengan cara melakukan penelitian keberbagai sekolah, untuk mengetahui buku teks Bahasa Indonesia yang digunakan di SMP Negeri Kota Tegal. Hasil analisis tingkat keterbacaan dan pemahaman buku teks kode A dengan menggunakan Teori Fry terdapat empat atau sebesar 28.57% wacana yang masuk dalam kategori sesuai dengan level yang di tentukan, satu atau sebesar 7.14% wacana yang masuk dalam kategori terlalu mudah, dan sebanyak sembilan atau 64.29% masuk dalamkategori terlalu sulit. Maka dapat disimpulkan untuk buku teks kode A masuk dalam kategori TIDAK SESUAI secara tingkat keterbacaan dan pemahaman dengan menggunakan Teori Fry. Hasil analisis tingkat keterbacaan dan pemahaman buku teks kode B dengan menggunakan Teori Fry terdapat dua atau sebesar 50% wacana yang masuk dalam kategori sesuai dengan level yang di tentukan dan dua atau sebesar 50% masuk dalam kategori terlalu sulit. Maka dapat disimpulkan untuk buku teks kode B masuk dalam kategori BAIK secara tingkat keterbacaan dan pemahaman dengan menggunakan Teori Fry.

Item Type: Patent
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Afsun Aulia Nirmala
Date Deposited: 02 Nov 2019 10:11
Last Modified: 02 Nov 2019 10:11
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/302

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item