Pelatihan Membaca Nyaring (Reading Aloud) untuk Wali Murid Kelas 1 SD Ihsaniyah Gajahmada Kota Tegal

Meiristiani, Noeris and Rofiudin, Rofiudin and Edy Santosa, Masfuad (2021) Pelatihan Membaca Nyaring (Reading Aloud) untuk Wali Murid Kelas 1 SD Ihsaniyah Gajahmada Kota Tegal. LPPM Universitas Pancasakti Tegal. (Unpublished)

[img] Text
Laporan PkM PBI 2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Keterlibatan wali murid Kelas 1 SD Ihsaniyah Gajahmada Kota Tegal dalam tahap literasi awal putra-putri mereka masih belum maksimal. Ada 8 orang dari 41 orang tua siswa yang tidak terlibat dalam kegiatan anak untuk membacakan buku. Selain itu, dari 41 anak, 75,6 % atau 31 anak tidak menjadikan kegiatan membaca sebagai kegiatan yang rutin. Hal ini menunjukkan bahwa membaca belum menjadi bagian kegiatan yang penting dalam kegiatan pembelajaran di rumah. Dengan kata lain, peran orang tua dalam literasi pada tahap yang dini, khususnya untuk meningkatkan minat baca anak, masih kurang. Untuk itu, tim pengabdian kami melihat bahwa harus ada upaya yang dilakukan untuk mendorong orang tua agar lebih memberi perhatian pada minat baca anak dengan terlibat secara langsung dalam kegiatan membaca. Kegiatan pelatihan membaca nyaring ini bertujuan untuk menggugah kesadaran orang tua dan memberikan keterampilan kepada orang tua (wali murid) siswa Kelas 1 SD Ihsaniyah Gajahmada Kota Tegal untuk dapat mendampingi putra-putri mereka dalam kegiatan literasi (membaca buku) di rumah sebagai upaya untuk menanamkan minat membaca sejak dini. Pelatihan ini dilakukan menggunakan media podcast yang disiarkan secara tunda melalui Youtube karena adanya pembatasan sosial di masa pandemi Covid-19. Tayangan yang dibagikan melalui kanal Youtube juga memungkinkan orang tua untuk dapat mengaksesnya setiap saat sesuai dengan waktu senggang yang mereka miliki. Pentingnya kegiatan membaca nyaring untuk anak disampaikan dalam podcast dan proses membaca nyaring dilakukan oleh anggota tim pengabdian dengan menggunakan buku anak lalu membacakannya dengan ekspresi wajah, dramatisasi dan suara yang ekspresif untuk menarik minat anak serta untuk mempromosikan keaksaraan dan membangun kosa kata. Kemudian orang tua mempraktikan kegiatan membaca nyaring untuk putra-putrinya di rumah. Kegiatan ini direkam dan video dikirimkan kepada tim pengabdian masyarakat kami untuk mendapatkan umpan balik dan evaluasi. Melalui kegiatan ini wali murid diharapkan akan lebih banyak memanfaatkan waktu mereka untuk mendampingi putra-putrinya dalam belajar, khususnya membaca. Dan di sisi lain, minat siswa dalam membaca akan tumbuh karena mereka mendapatkan kesan yang menyenangkan dari kegiatan membaca nyaring bersama orang tua mereka di rumah.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Membaca nyaring, pelibatan orang tua, kebiasaan membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Noeris Noeris Meiristiani
Date Deposited: 18 Feb 2021 03:45
Last Modified: 16 Jan 2023 02:08
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3095

Actions (login required)

View Item View Item