BIAS GENDER SOAL-SOAL FISIKA BERBASIS CBT PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP (Penelitian Deskriptif Eksploratif Pembelajaran Di Kelas VIII SMP Semester Genap di Kota Tegal dengan Bias Gender)

ROSIDIN, HANAFIE (2021) BIAS GENDER SOAL-SOAL FISIKA BERBASIS CBT PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP (Penelitian Deskriptif Eksploratif Pembelajaran Di Kelas VIII SMP Semester Genap di Kota Tegal dengan Bias Gender). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
SKRIPSI BIAS GENDER SOAL-SOAL FISIKA BERBASIS CBT PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP.pdf

Download (5MB)

Abstract

ROSIDIN, HANAFIE. BIAS GENDER SOAL-SOAL FISIKA BERBASIS CBT PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP (Penelitian Deskriptif Eksploratif Pembelajaran Di Kelas VIII Semester Genap SMP di Kota Tegal dengan Bias Gender) Pembimbing I Dr.Susongko,M.Pd Pembimbing II M.Aji Fatkhurrohman,M.Pd Kata Kunci :Keberfungsian Butir Diferensial, Ulangan harian dan Rasch Model Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan : (1) Mengetahui penyusunan konstruksi butir soal ulangan harian mata pelajaran IPA materi bidang kajian fisika kelas VIII SMP materi tekanan. (2) Mengetahui karakteristik butir soal ulangan harian mata pelajaran IPA materi bidang kajian fisika kelas VIII SMP Semester Genap di Kota Tegal ditinjau dari Teori Respon Butir. (3) Menentukan butir-butir yang terdeteksi DIF pada soal ulangan harian mata pelajaran IPA materi bidang kajian fisika kelas VIII SMP Semester Genap di Tegal. (4) Mengatahui confidence plot butir soal ulangan harian mata pelajaran IPA materi bidang kajian fisika kelas VIII SMP Semester Genap di Kota Tegal. (5) Menganalisis kurva karakteristik pada peserta didik perempuan dan peserta didik laki-laki pada butir soal ulangan harian mata pelajaran IPA materi bidang kajian fisika kelas VIII SMP Semester Genap di Kota Tegal yang mengandung DIF. Populasi penelitian ini adalah lembar jawab siswa kelas VIII SMP di wilayah Kota Tegal. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan objek lembar jawab siswa kelas VIII SMP semester genap materi tekanan pada zat Sampel siswa yang diambil sebanyak 200 responden yang berasal dari SMP Muhamadiyah 1 Kota Tegal dan SMP Al-Irsyad Kota Tegal. Teknik analisi menggunakan pemodelan Rasch dengan uji Wald. Hasil penelitian menyimpulkan (1) Penyusunan kostruksi butir soal ulangan harian harus mempertimbangkan kisi-kisi dan silabus dengan materi yang disederhanakan saat pandemi COVID-19. (2) Soal ulangan harian yang diujikan memiliki karakteristik kesukaran butir soal dengan kategori mudah terdapat 11 butir serta kategori sukar terdapat 9 butir. (3) Butir yang terdeteksi DIF pada perangkat soal ulangan harian mata pelajaran IPA kelas VIII semester 2 materi tekanan pada zat terdapat 5 butir soal yaitu butir nomor 1 dan 17 dan menguntungkan peserta didik laki-laki sedangkan butir soal 11, 12 dan 15 menguntungkan peserta didik perempuan.(4)Confidence plot dapat digunakan pada setiap butir soal ulangan harian mata pelajaran IPA kelas VIII SMP materi zat dalam mendeteksi DIF terletak pada interval tingkat kemampuan peserta didik. (5)Kurva karakteristik dapat digunakan pada setiap butir soal ulangan harian pada butir soal yang mengandung DIF.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPA
Depositing User: admin repository upstegal
Date Deposited: 22 Feb 2021 06:17
Last Modified: 22 Feb 2021 06:17
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3231

Actions (login required)

View Item View Item