PERAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DENGAN TEKNIK HOMEWORK ASSIGMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM KORBAN BULLYING VERBAL PADA ANAK SEKOLAH TINGKAT SMP DI DESA BOJONGNANGKA KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG

OKTAVIA, SEKAR (2021) PERAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DENGAN TEKNIK HOMEWORK ASSIGMENT UNTUK MENINGKATKAN SELF ESTEEM KORBAN BULLYING VERBAL PADA ANAK SEKOLAH TINGKAT SMP DI DESA BOJONGNANGKA KECAMATAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Ful Sekar Oktavia 2020.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK OKTAVIA, SEKAR. 2020 “Peran Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan Teknik Homework assigment untuk Meningkatkan Self esteem Korban Bullying Verbal Pada Anak Sekolah Tingkat SMP di Desa Bojongnangka Pemalang Kabupaten Pemalang”. Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof. Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS,MM Pembimbing II : Dr. Suriswo M.Pd Kata Kunci : Rational Emotive Behavior Therapy, Self Esteem Korban Bullying Verbal Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Self esteem korban bullying verbal anak sekolah tingkat SMP sebelum diberikan layanan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan teknik homework assigment di Desa Bojongnangka Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. 2) Self esteem korban bullying verbal anak sekolah tingkat SMP sesudah diberikan layanan REBTdengan teknik homework assigment di Desa Bojongnangka. 3) Peran REBT dengan teknik homework assigment dalam meningkatkan self esteem pada korban bullying verbal anak sekolah tingkat SMP di Desa Bojongnangka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, desain penelitian ini adalah desain eksperimen pretest-posttest kelompok tunggal. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 17 anak sekolah tingkat SMP. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase dan analisis t-test. Hasil penelitian menunjukan hasil analisis statistik deskriptif bahwa self esteem korban bullying verbal sebelum layanan REBT dengan teknik homework assigment adalah dalam kategori rendah sebanyak 8 anak (47%). Self esteem korban bullying verbal setelah layanan REBT dengan teknik homework assigment adalah dalam kategori tinggi sebanyak 9 anak sebanyak (53%). Adanya peran layanan REBT dengan teknik homework assigment untuk meningkatkan self esteem korban bullying verbal dilihat dari hasil uji t-test diperoleh nilai thitung 10,17. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% atau (5%) dengan derajat kebebasan N-1 atau 17-1 =16 dimana diperoleh ttabel 2,120 ternyata thitung = 10,17 > ttabel = 2,120 yeng berarti hipotesis nihil ditolak dan menerima hipotesisis alternatif berbunyi ”Terdapat Peran REBT dengan teknik homework assigment untuk Meningkatkan self esteem korban bullying verbal anak sekolah tingkat SMP di Desa Bojongnangka Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang” Bagi guru bimbingan dan konseling, tingkat self esteem dalam kategori tinggi dalam arti anak korban bullying verbal mampu menjadi lebih percaya diri untuk masa depannya, dapat dijadikan acuan bagi guru bimbingan dan konseling dalam memaksimalkan pemberian layanan khusus bagi para anak korban bullying verbal yang memiliki permasalahan self esteem. =============================================================================================== ABSTRACT OKTAVIA, SEKAR. 2020 "The Role of Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) with Homework Assigment Techniques to Increase the Self-esteem of Victims of Verbal Bullying in Junior High School Children in Bojongnangka Village, Pemalang, Pemalang Regency". Guidance and Counseling Study Program, Faculty of Teacher Training and Education. Pancasakti University Tegal. Advisor I: Prof. Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS, MM Advisor II: Dr. Suriswo M.Pd Keywords: Rational Emotive Behavior Therapy, Self Esteem of Verbal Bullying Victims The purpose of this study was to determine: 1) Self esteem of victims of verbal bullying at junior high school level before being given Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) services with homework assessment techniques in Bojongnangka Village, Pemalang District, Pemalang Regency. 2) Self-esteem of verbal bullying victims of junior high school children after being given REBT services with homework assessment techniques in Bojongnangka Village. 3) The role of REBT with homework assessment techniques in increasing self-esteem for victims of verbal bullying at junior high school level school children in Bojongnangka Village. This research uses a quantitative approach, this type of research is experimental research, the design of this research is a single group pretest-posttest experimental design. The population in this study were 17 junior high school children. The data collection methods used questionnaires, interviews, and documentation. The data analysis technique used percentage analysis and t-test analysis. The results showed the results of descriptive statistical analysis that the self-esteem of victims of verbal bullying before REBT services with homework assessment techniques was in the low category as many as 8 children (47%). Self-esteem of verbal bullying victims after REBT service with homework assessment technique is in the high category as many as 9 children (53%). The role of REBT services with homework assessment techniques to increase the self-esteem of victims of verbal bullying seen from the t-test results obtained a t-count of 10.17. The value of tcount is then consulted with t table at a significant level of 5% or (5%) with degrees of freedom N-1 or 17-1 = 16 where the t table is 2.120, it turns out that tcount = 10.17> t table = 2.120 which means that the null hypothesis is rejected and accepted The alternative hypothesis reads "There is a role for REBT with homework assessment techniques to increase the self-esteem of victims of verbal bullying at junior high school level in Bojongnangka Village, Pemalang District, Pemalang Regency" For guidance and counseling teachers, the level of self-esteem is in the high category in the sense that children victims of verbal bullying are able to be more confident for their future, can be used as a reference for guidance and counseling teachers in maximizing the provision of special services for children victims of verbal bullying who have self problems esteem.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Feb 2021 10:28
Last Modified: 22 Feb 2021 10:28
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3248

Actions (login required)

View Item View Item