EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF PADA ANAK SEKOLAH TINGKAT SMP DI DESA JRAKAH KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG

AZIZ, ABDUL (2021) EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MEREDUKSI PERILAKU AGRESIF PADA ANAK SEKOLAH TINGKAT SMP DI DESA JRAKAH KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Full Aziz 2020.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK AZIZ, ABDUL. 2020. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Untuk Mereduksi Perilaku Agresif Pada Anak Sekolah Tingkat SMP Di Desa Jrakah Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Skripsi. Prodi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal Pembimbing I : Mulyani, M.Pd Pembimbing II : Dr. Maufur, M.Pd Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Problem solving, Perilaku agresif Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Bagaimana perilaku agresif pada anak sekolah tingkat SMP di Desa Jrakah Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Problem Solving . 2) Bagaimana perilaku agresif pada anak sekolah tingkat SMP di Desa Jrakah Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Problem Solving. 3) Apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik Problem Solving efektif untuk mereduksi perilaku agresif pada anak sekolah di desa jrakah kecamatan taman kabupaten pemalang Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dan desain penelitian adalah one grup pre tes post test design kelompok tunggal. Populasi penelitian ini sebanyak 15 anak sekolah tingkat SMP. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis presentase yang dibantu dengan program SPSS 22 dan analisis t-test Hasil penelitian menunjukan bahawa perilaku agresif sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving adalah pada kategori tinggi dalam rentang interval 162-162 dengan angka ketercapaian 47%. Kemudian setelah diberikan perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving, tingkat perilaku agresif mengalami penurunan yaitu pada kategori rendah dalam rentang interval 164-171 dengan angka ketercapaian 54%. Lalu dari hasil uji t-test diperoleh nilai thitung sebesar 2,711. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% atau (5%) dengan derajat kebebasan N-1 atau 15-1 =14 dimana diperoleh t¬tabel = 2,145 dan ternyata thitung = 2,711 > t¬tabel = 2,145 yang berarti layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving efektif untuk mereduksi perilaku agresif pada anak sekolah tingkat SMP di Desa Jrakah Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. =============================================================================================== ABSTRACT AZIZ, ABDUL. 2020. The Effectiveness of Group Guidance Services with Problem Solving Techniques to Reduce Aggressive Behavior in Junior High School Children in Jrakah Village, Taman Subdistrict, Pemalang Regency. Essay. Guidance and Counseling Study Program. Faculty of Teacher Training and Education. Pancasakti University Tegal Advisor I : Mulyani, M.Pd Advisor II: Dr. Maufur, M.Pd Keywords: Group Guidance, Problem Solving Techniques, Aggressive Behavior The purpose of this study was to determine: 1) How is the aggressive behavior of junior high school children in Jrakah Village, Taman Subdistrict, Pemalang Regency before being given group guidance services using the Problem Solving technique. 2) How is the aggressive behavior of junior high school children in Jrakah Village, Taman Subdistrict, Pemalang Regency after being given group guidance services with the Problem Solving technique. 3) Is the group guidance service with Problem Solving techniques effective in reducing aggressive behavior in school children in the village of Jrakah, Taman Sub-district, Pemalang Regency This study used a quantitative approach with the type of quasi-experimental research and the research design was a single group pre-test post-test design. The study population was 15 junior high school children. The data collection methods use observation, questionnaires, interviews and documentation. The data analysis technique in this study used percentage analysis assisted by the SPSS 22 program and t-test analysis The results showed that aggressive behavior before being given group guidance services with problem solving techniques was in the high category in the interval range 162-162 with an achievement rate of 47%. Then after being given group guidance treatment with problem solving techniques, the level of aggressive behavior decreased, namely in the low category in the range of 164-171 intervals with an achievement rate of 54%. Then from the results of the t-test, the t-test value is 2.711. The value of tcount is then consulted with t table at a significant level of 5% or (5%) with degrees of freedom N-1 or 15-1 = 14 where t ¬ table = 2.145 and it turns out tcount = 2.711> t ¬ table = 2.145 which means service group guidance with effective problem solving techniques to reduce aggressive behavior in junior high school children in Jrakah Village, Taman Subdistrict, Pemalang Regency

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Feb 2021 10:28
Last Modified: 22 Feb 2021 10:28
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3249

Actions (login required)

View Item View Item