HUBUNGAN MARKETING MIX DENGAN KEPUTUSAN ORANG TUA DALAM MEMILIH SEKOLAH DI SD IHSANIYAH GAJAHMADA KOTA TEGAL

DHIAULHAQ, MOH.RAFID (2021) HUBUNGAN MARKETING MIX DENGAN KEPUTUSAN ORANG TUA DALAM MEMILIH SEKOLAH DI SD IHSANIYAH GAJAHMADA KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi PDF_Moh. Rafid Dhiaulhaq_4115500130.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Moh. Rafid Dhiaulhaq. Hubungan Marketing Mix dengan Keputusan Orang Tua dalam Memilih Sekolah Di SD Ihsaniyah Gajahmada Kota Tegal. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universias Pancasakti Tegal. 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix dengan product, price, place, promotion, people, process, physical evidence yang berada di SD Ihsaniyah Gajahmada Kota Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah wali murid yang menyekolahkan anaknya di SD Ihsaniyah Gajahmada Kota Tegal. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling incidental. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji validitas dan uji reabilitas, analisis korelasi rank spearman, uji signifikansi koefisien korelasi rank spearman, analisis korelasi berganda, uji signifikansi koefisien korelasi berganda, dan analisis koefisien deter minasi. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh yang kuat dan signifikan dalam setiap variabel marketing mix di SD Ihsaniyah Tegal, yaitu: 1) terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara product dengan keputusan orang tua dalam memilih sekolah. Nilai korelasi (r) sebesar 0,628 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan. 2) terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara price dengan keputusan orang tua dalam memilih sekolah. Nilai korelasi (r) sebesar 0,697 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan.3) terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara place dengan keputusan orang tua dalam memilih sekolah. Nilai korelasi (r) sebesar 0,473 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan. 4) terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara promotion dengan keputusan orang tua dalam memilih sekolah. Nilai korelasi (r) sebesar 0,481 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan. 5) terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara people dengan keputusan orang tua dalam memilih sekolah. Nilai korelasi (r) sebesar 0,530 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan. 6) ) terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara process dengan keputusan orang tua dalam memilih sekolah. Nilai korelasi (r) sebesar 0,542 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan. 7) terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara physical evidence dengan keputusan orang tua dalam memilih sekolah. Nilai korelasi (r) sebesar 0,547 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan. 8) terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara product, price, place, promotion, people, process, physical evidence dengan keputusan orang tua dalam memilih sekolah di SD Ihsaniyah Gajahmada Kota Tegal. Dibuktikan dengan menggunakan analisis korelasi berganda diperoleh nilai (R) sebesar 0,635. Dan uji signifikansi koefisien korelasi berganda diperoleh dengan nilai signifikansi Fhitung = 7,432 > Ftabel = 3,95 yang berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara product, price, place, promotion, people, process, physical evidence secara simultan dengan keputusan orang tua dalam memilih sekolah. 9) terdapat kontribusi antara product, price, place, promotion, people, process, physical evidence dengan keputusan orang tua dalam memilih sekolah dengan diperoleh koefisien determinasi sebesar 40,32% sedangkan sisanya sebesar 59,68% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak bisa dijelaskan. Kata kunci: Product, Price, Place, Promotion, People, Process, physical Evidence, Memilih Sekolah

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Perusahaan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Feb 2021 10:28
Last Modified: 22 Feb 2021 10:28
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3253

Actions (login required)

View Item View Item