PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DOMESTIK DESA WISATA MANGROVE PANDANSARI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES

LESTARI, FAJAR SETYA (2021) PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DOMESTIK DESA WISATA MANGROVE PANDANSARI KECAMATAN BREBES KABUPATEN BREBES. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_FAJAR SETYA LESTARI_4116500088.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fajar Setya Lestari. Pengaruh iklan, Promosi Penjualan, Pemasaran Langsung dan Hubungan Masyarakat Dengan Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Skripsi : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasakti Tegal Penelitian ini bertujuan mengetahui Hubungan iklan, Promosi Penjualan, Pemasaran Langsung dan Hubungan Masyarakat Dengan Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes., baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian deskripstif dengan pendekatan kuantitatif. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling, berjumlah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan analisis korelasi rank sperman, uji signifikasi korelasi rank spearman, analisis korelasi berganda, uji signifikasi koefisien korelasi berganda dan analisis koefisien determinasi. Berdasrakan hasil penelitian diperoleh : 1) Iklan berhubungan signifikan dengan Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes dengan menggunakan analisis kolerasi rank spearman. Diperoleh nilai rxy sebesar 0,573 atau 57,3%, yang berada diinterval koefisien kolerasi 0,499-0,599, dengan uji signifikan kolerasi rank spearman diperoleh nilai Zhitung sebesar 5,701 Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat. 2) Promosi Penjualan berhubungan signifikan dengan Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes dengan menggunakan analisis kolerasi rank spearman. Diperoleh nilai rxy sebesar 0,539 atau 53,9%, yang berada diinterval koefisien kolerasi 0,400 – 0,599, dengan uji signifikan kolerasi rank spearman diperoleh nilai Zhitung sebesar 5,362 Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat. 3) Pemasaran Langsung berhubungan signifikan dengan Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes dengan menggunakan analisis kolerasi rank spearman. Diperoleh nilai rxy sebesar 0,663 atau 63,3%, yang berada diinterval koefisien kolerasi 0,600 – 0,799, dengan uji signifikan kolerasi rank spearman diperoleh nilai Zhitung sebesar 6,596 Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang kuat. 4) Hubungan Masyarakat berhubungan signifikan dengan Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes dengan menggunakan analisis kolerasi rank spearman. Diperoleh nilai rxy sebesar 0,466 atau 46,6%, yang berada diinterval koefisien kolerasi 0,400-0,599, dengan uji signifikan kolerasi rank spearman diperoleh nilai Zhitung sebesar 4,636 Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang cukup kuat. 5) Iklan, Promosi Penjualan, Pemasaran Langsung, dan Hubungan Masyarakat secara simultan memiliki hubungan dengan Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Kata kunci : Iklan, Promosi Penjualan, Pemasaran Langsung, dan Hubungan Masyarakat dengan Keputusan Berkunjung. =============================================================================================== ABSTRACT Fajar Setya Lestari. . Pengaruh iklan, Promosi Penjualan, Pemasaran Langsung dan Hubungan Masyarakat Dengan Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes. Thesis: Faculty of Economics and Business, Pancasakti University, Tegal This study aims to determine the relationship between advertising, sales promotion, direct marketing and public relations with the decision to visit domestic tourists in Brebes District, Brebes Regency, either partially or simultaneously. This type of research is descriptive with a quantitative approach. The sample selection used purposive sampling, amounting to 100 respondents. The data analysis technique used is Spearman rank correlation analysis, Spearman rank correlation significance test, multiple correlation analysis, multiple correlation coefficient significance test and determination coefficient analysis. Based on the research results obtained: 1) Advertising has a significant relationship with the Decision to Visit Domestic Tourists in Brebes District, Brebes Regency by using the Spearman Rank correlation analysis. Obtained rxy value of 0.573 or 57.3%, which is in the correlation coefficient of 0.499-0.599, with a significant correlation between rank Spearman, the Zhitung value is 5.701.So it can be concluded that there is a strong relationship. 2) Sales Promotion has a significant relationship with the Decision to Visit Domestic Tourists in Brebes District, Brebes Regency by using correlation analysis of Spearman rank. Obtained rxy value of 0.539 or 53.9%, which is in the correlation coefficient of 0.400 - 0.599, with a significant correlation of rank Spearman, the Zhitung value is 5.362 So it can be concluded that there is a strong enough relationship. 3) Direct Marketing has a significant relationship with Domestic Tourist Visiting Decisions in Brebes District, Brebes Regency by using correlation analysis of rank spearman. Obtained an rxy value of 0.663 or 63.3%, which is in the correlation coefficient of 0.600 - 0.799, with a significant correlation between rank Spearman, the Zhitung value is 6.596. So it can be concluded that there is a strong relationship. 4) Public Relations has a significant relationship with the Decision to Visit Domestic Tourists in Brebes District, Brebes Regency by using correlation analysis of rank spearman. Obtained an rxy value of 0.466 or 46.6%, which is in the correlation coefficient between 0.400-0.599, with a significant correlation between rank Spearman, the Zhitung value is 4.636. So it can be concluded that there is a strong enough relationship. 5) Advertising, Sales Promotion, Direct Marketing, and Public Relations simultaneously have a relationship with the Domestic Tourist Visit Decision in Brebes District, Brebes Regency. Keywords: Advertising, Sales Promotion, Direct Marketing, and Public Relations with Visiting Decisions.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Perusahaan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 22 Feb 2021 10:28
Last Modified: 22 Feb 2021 10:28
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3260

Actions (login required)

View Item View Item