ANALISIS KESALAHAN BAHASA INDONESIA PADA RUANG PUBLIK DI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL JANUARI TAHUN 2020 DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

NURLITA AYU, ADETYA (2021) ANALISIS KESALAHAN BAHASA INDONESIA PADA RUANG PUBLIK DI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL JANUARI TAHUN 2020 DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Umiversitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Adetya Nurlita Ayu (PBSI).pdf

Download (4MB)

Abstract

AYU, ADETYA NURLITA. 2021. “Analisis Kesalahan Bahasa Indonesia pada Ruang Publik di Universitas Pancasakti Tegal Januari Tahun 2020 dan Implikasi terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA” Pembimbing I : Dra. Sri Mulyati, M.Pd. Pembimbing II : Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Kata kunci : Kesalahan ejaan, Kata baku, Implikasi Penelitian ini digunakan untuk mengkaji tentang kesalahan ejaan dan kata baku bahasa Indonesia. Permasalahan yang dikaji adalah (1) bagaimana kesalahan ejaan dan kata baku yang terjadi di kawasan gedung rektorat, (2) bagaimana implikasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Sejalan dengan permasalahan yang ada, maka penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) mendeskripsikan kesalahan ejaan dan kata baku yang terjadi di kawasan gedung rektorat, (2) mendeskripsikan implikasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Rancangan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini agar dapat memaparkan kesalahan ejaan dan kata baku yang terjadi di dalam gedung rektorat. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari tulisan dalam papan pengumuman, spanduk serta brosur yang berada di kawasan gedung rektorat. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dalam melakukan identifikasi datanya. Hasil penelitian ini yaitu 61 data yang telah dipersentasekan. Data tersebut meliputi kesalahan penggunaan huruf miring memiliki 28 data dengan persentase sebesar 46%, kesalahan tanda baca memiliki 14 data dengan persentase sebesar 23%, kesalahan penggunaan singkatan memiliki 2 data dengan persentase sebesar 3,2%, kesalahan penggunaan huruf kapital memiliki 5 data dengan persentase sebesar 8,2%, kesalahan penulisan memiliki 3 data dengan persentase sebesar 4,9%, dan yang terakhir penggunaan. Penelitian ini akan diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dan dapat diterapkan pada kelas XI semester genap dengan kurikulum 2013, KD 3.15 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah, karena implikasinya ini diharapkan siswa dapat memahami tentang kesalahan-kesalahan bahasa Indonesia terutama pada materi karya ilmiah. Berdasarkan simpulan di atas, maka saran penelitian ini dapat dijadikan referensi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA terutama pada kelas XI semester genap dengan kurikulum 2013, KD 3.15 Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah. dapat juga digunakan sebagai referensi siswa dalam pembuatan karya ilmiah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Repository Admin
Date Deposited: 24 Feb 2021 03:46
Last Modified: 24 Feb 2021 03:46
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3317

Actions (login required)

View Item View Item