PENGGUNAAN BAHASA ALAY PADA REMAJA MEJABUNG KOTA TEGAL DI FACEBOOK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

PUJI YANTI, AULIA (2021) PENGGUNAAN BAHASA ALAY PADA REMAJA MEJABUNG KOTA TEGAL DI FACEBOOK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti tegal.

[img] Text
SKRIPSI AULIA PUJI YANTI PBSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

YANTI, AULIA PUJI. 2021. “Penggunaan Bahasa Alay pada Remaja Mejabung Kota Tegal di Facebook dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Leli Triana, S.S., M.Pd. Pembimbing II : Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Kata kunci : Bahasa Alay, Facebook, Implikasi Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penggunaan bahasa alay yang digunakan remaja Mejabung Kota Tegal di Facebook dan Memaparkan implikasi hasil penelitian ini terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang ditemukan dalam penelitian ini diidentifikasikan dengan cara meneliti kembali data yang sudah diperoleh. Teknik yang digunakan yaitu teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan. Penelitian ini Memaparkan implikasi hasil penelitian ini terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Hasil penelitian penggunaan bahasa alay pada remaja Mejabung Kota Tegal di Facebook ditemukan 1. Dua puluh empat data yang sudah dipersentasekan, penggunaan huruf kapital 20%, pengurangan dan penambahan huruf 25%, penggunaan angka 8%, penggunaan bahasa daerah 17%, penggunaan bahasa asing 17%, dan mengganti huruf 13%. Semua data sudah dianalisis sesuai dengan prosedur penelitian yang ditentukan. 2. Hasil penelitian dapat diimplikasikan terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP kelas VIII semester 1(satu) menggunakan kurikulum 2013, KD 3.4 Menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan, slogan, atau poster (yang membuat bangga dan memotivasi) dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar, KD 4.4 Menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan, slogan, atau poster secara lisan dan tulis. Berdasarkan simpulan di atas, maka disarankan penelitian ini dapat bermanfaat bagi siswa untuk belajar tentang teks iklan, slogan, dan poster, bagi guru sebagai referensi dalam pembelajaran teks iklan, slogan, dan poster, bagi peneliti perlu adanya penelitian ulang karena karya ilmiah masih belum sempurna.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: admin repository upstegal
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:17
Last Modified: 24 Feb 2021 04:17
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3320

Actions (login required)

View Item View Item