IRONI DALAM ALBUM LAGU SORE TUGU PANCORAN KARYA IWAN FALS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

Antana, Muhammad (2019) IRONI DALAM ALBUM LAGU SORE TUGU PANCORAN KARYA IWAN FALS DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI ANTANA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Antana, Muhammad. 2019. Ironi Dalam Album Sore Tugu Pancoran Karya Iwan Fals dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dra. Sri Mulyati, M.Pd Pembimbing II : Vita Ika Sari, M.Pd Kata kunci : Ironi, Album dan Pancoran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis ironi pada lirik lagu dalam album Sore Tugu Pancoran karya Iwan Fals, dan mendeskripsikan implikasi pembelajaran ironi pada lirik lagu dalam album Sore Tugu Pancoaran karya Iwan Fals di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskripsi kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah album Sore Tugu Pancoran karya Iwan Fals. Wujud data dalam penelitian ini berupa lirik lagu pada album Sore Tugu Pancoran. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pustaka, teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pembacaan model semiotik. Hasil penelitian diajukan bahwa dalam album Sore Tugu Pancoran karya Iwan Fals terdapat 35 ironi verbal, 26 ironi dramatik dan 28 ironi situasi dan kaitanya dengan implikasi pembelajaran di SMA kelas X semester 1 KD 4.5 tentang menciptakan kembali teks anekdot dengan memperhatikan struktur, dan kebahasaan dengan menganalisis makna pada bait-bait lagu dalam album Sore Tugu Pancoran tersebut. Saran dalam penelitian ini adalah peserta didik dapat mengkaji majas ironi bait-bait lagu pada album Sore Tugu Pancoran karya Iwan Fals serta peserta didik dapat menjadikan bahan referensi untuk karya sastra serta dapat dijadikan bahan acuan sebagai salah satu alternatif pembelajaran tentang gaya bahasa lirik lagu di SMA sehinga pembelajaran akan lebih bervariasi, tidak membosankan serta menyenangkan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Repository Admin
Date Deposited: 09 Jan 2020 12:01
Last Modified: 09 Jan 2020 12:01
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/335

Actions (login required)

View Item View Item