PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PROSES PEMBELAJARAN PKN KELAS X SMK MUHAMMADIYAH KRAMAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021

WIHARYATI, TRI (2021) PENGUATAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PROSES PEMBELAJARAN PKN KELAS X SMK MUHAMMADIYAH KRAMAT TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI FULL PALING BENER.pdf

Download (5MB)

Abstract

WIHARYATI, TRI. 2021. “Penguatan Karakter Disiplin Siswa Melalui Proses Pembelajaran PKn Kelas X SMK Muhammadiyah Kramat Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Wahyono, M. Hum., Pembimbing II: Fitriyanto, S. Pd.I., M. Pd. Kata Kunci : Penguatan, Karakter Disiplin, PKn Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan dalam penguatan karakter disiplin siswa melalui proses pembelajaran PKn, (2) untuk mengetahui hambatan yang dihadapi dalam penguatan karakter disiplin siswa melalui proses pembelajaran PKn, (3) untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan penguatan karakter disiplin siswa melalui proses pembelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif kualitatif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari responden dan perilaku yang dapat diamati.Sumber data dalam penelitan ini dibagi menjadi dua, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis sebelum di lapangan dan analisis model miles and hubermand yang meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Penguatan karakter disiplin siswa di kelas X SMK Muhammadiyah Kramat dilakukan dengan menggunakan pendekatan berbasis kelas berupa pengintegrasian karakter disiplin ke dalam kurikulum pelajaran PKn, manajemen kelas dengan pemberian sanksi terhadap siswa yang melanggar dan melalui mata pelajaran khusus berupa pendidikan ketarunaan dan pendidikan karakter di Kodim Pagongan. (2) Hambatan dalam pelaksanaan penguatan karakter disiplin di kelas X SMK Muhammadiyah Kramat berasal dari siswa, lingkungan dan sekolah. (3) Upaya dalam mengatasi hambatan yang terjadi selama proses penguatan dilakukan dengan melakukan keteladan dan pembiasaan terhadap siswa, menegakkan peraturan, pemberian motivasi kepada siswa serta melakukan kerjasama kepada orang tua siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin repository
Date Deposited: 25 Feb 2021 07:26
Last Modified: 25 Feb 2021 07:26
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3360

Actions (login required)

View Item View Item