LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN RASIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI TBSM SMK PGRI 1 TAMAN PEMALANG

Novalia, Dela Tri (2021) LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN RASIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK PESERTA DIDIK KELAS XI TBSM SMK PGRI 1 TAMAN PEMALANG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Dela Tri Novalia_1116500015.pdf

Download (825kB)

Abstract

Novalia Tri, Dela, 2021. Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Rasional Emotive Behavior Therapy (REBT) Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Kelas XI TBSM SMK PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2020. Pembimbing I : Mulyani, M.Pd Pembimbinng II : Sri Adi Nurhayati, S.Psi,MM Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Prokrastinasi Akademik Prokrastinasi akademik adalah perilaku menunda-nunda mengerjakan ataupun menyelesaikan tugas akademik. penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui kondisi prokrastinasi akademik peserta didik sebelum dilaksanakan layanan bimbingan kelompok (2) mengetahui kondisi prokrastinasi akademik peserta didik setelah dilaksanakan layanan bimbingan kelompok (3) mengetahui layanan bimbingan kelompok berpendekatan rasional emotive behaviour therapy (REBT) untuk menurunkan prokrastinasi akademik peserta didik kelas XI TBSM di SMK PGRI 1 Taman Pemalang Tahun pelajaran 2020. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI TBSM SMK PGRI 1 Taman Pemalang yang berjumlah 127 peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa skala akdemik berjumlah 80 item dengan 4 jawaban alternative yaitu sangat sejutu, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju. Reliabilitas pada instrument dihitung menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan nilai koefisien reliabilitas sebesar 0,60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok berpendekatan rasional emotive behavior therapy dapat menurunkan prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas XI TBSM SMK PGRI 1 Taman Pemalang Tahun pelajaran 2020 dengan hasil uji T menunjukkan nilai signifikan 000<,05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dari 127 peserta didik XI TBSM SMK PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2020 memiliki tingkat prokrastinasi akademik sebagai berikut: kategori sangat tinggi sebanyak 15 (12%) peserta didik, kategori tinggi sebanyak 60 (48%) peserta didik, kategori sedang 37 (29,6%) peserta didik, kategori rendah 15 (12%) peserta didik. Dari capaian skor tersebut maka diambil item yang memiliki skor tertinggi. Prokrastinasi akademik yang dialami oleh peserta didik dari beberapa aspek antara lain penundaan untuk memulai maupun menyelesaikan, keterlambatan dalam mengerjakan maupun mengumpulkan tugas, memilih aktivitas lain yang lebih menyenangkan.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin repository
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:16
Last Modified: 26 Feb 2021 03:16
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3374

Actions (login required)

View Item View Item