EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN PEMILIHAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BULAKAMBA KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2020/2021

KHODIJAH, SITI (2021) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN PEMILIHAN KARIR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BULAKAMBA KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

KHODIJAH SITI. 2020. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Reframing Untuk meningkatkan Pemilihan Karir Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021”. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Mulyani. M.Pd, Pembimbing II Hastin Budisiwi, M.Pd. Kata Kunci :Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Reframing, Pemilihan Karir Peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Reframing untuk Meningkatkan Pemilihan Karir Peserta didik kelas XI. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Jenis penelitian adalah eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre test and post test one group. Penelitian ini menggunakan purposive sampling atau pengambilan sampel secara acak dari jumlah populasi 364 peserta didik dengan mengambil pemilihan karir sangat tinggi yaitu 18 pesertadidik Variabelnya adalah LayananBimbinganKelompok menggunakan pendekatan reframing dan kedisimplinan dalam belajar. Alat yang digunakan peneliti berupa angket, observasi, interview dandokumentasi. Teknikanalisis data penelitian ini adalah teknik deskriptif dan statistic uji-t (t-test). Hasil sebelum diberikan LayananBimbingan Kelompok menggunakan pendekatan reframing diperoleh hasil 35,29% dari jumlah sampel 12 peserta didik dengan tingkat ketercapaian terletak pada kriteria sangat rendah atau dibawah rata-rata sedangkan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik reframing diperoleh hasil 41,18% dari jumlah sampel 18 peserta didik dengan tingkat ketercapaian terletak pada kriteria tinggi atau diatas rata –rata. Sedangkan berdasarkan perhitungan t-test diperoleh nilai thitung =7,039 dikonsultasikan dengan nilai ttabel = 2,041 yang diperoleh dari dk = N -1 = 12 – 1 =11 taraf signifikasikan 5% maka thitung > ttabel yaitu 7,039 > 2,041. Maka adanya keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan Reframing untuk meningkatakan pemilihan karir peserta didik di SMA Negeri 1 Bulakamba Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2020/2021. Saran yang diajukan agar guru Bimbingan dan Konseling (BK) Mampu melaksanakan serta memanfaatkan Layanan Bimbingan Kelompok dengan baik dan maksimal, sehingga dapat meningkatkan pemilihan karir peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 01 Mar 2021 04:44
Last Modified: 01 Mar 2021 04:44
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3391

Actions (login required)

View Item View Item