ANALISIS TINGKAT PENGARUH KERUSAKAN JALAN TERHADAP KECEPATAN KENDARAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN BALAPULANG-MARGASARI)

NURHAKIM, M.LUKMAN (2021) ANALISIS TINGKAT PENGARUH KERUSAKAN JALAN TERHADAP KECEPATAN KENDARAN (STUDI KASUS : RUAS JALAN BALAPULANG-MARGASARI). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SIAP MASUK CD.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jalan raya merupakan salah satu sarana dan prasarana yang penting bagi tercapainya suatu kegiatan, sehingga desain perkerasaan jalan yang baik adalah salah satu keharusan. Selain untuk menghubungkan suatu tempat ke tempat lain, jalan yang memiliki struktur perkerasan yang baik juga diharapkan dapat memberi rasa aman dan nyaman pada penggunanya. Kerusakan jalan merupakan salah satu akibat dari berbagai macam faktor kegiatan lalu lintas pada jalan, terlebih karena kendaraan dengan angkutan barang yang muatannya lebih dapat menimbulkan permasalahan pada konstruksi perkerasan jalan.. Kerusakan jalan yang terjadi dibeberapa daerah saat ini merupakan permasalahan yang sangat komplek dan kerugian yang diderita sungguh besar terutama bagi pengguna jalan, seperti terjadinya waktu tempuh yang lama, kemacetan, kecelakaan lalu lintas, dan lain-lain. Pada penelitian ini dilakukan analisis untuk pengaruh kerusakan jalan terhadap kecepatan laju kendaraan menggunakan metode PCI (Pavement Condition Index), Metode Kecepatan Setempat dan Analisis Regresi. Ruas jalan yang diteliti adalah Jalan Balapulang-Margasari dengan lebar jalan 6 m sedangkan ruas yang diteliti yaitu pada km 30 sampai dengan km 31. Berdasarkan hasil perhitungan dan pembahasan secara keseluruhan didapat nilai rata-rata PCI untuk 20 segmen adalah 56,60 berdasarkan diagram nilai PCI nilai tersebut termasuk dalam kondisi Baik (GOOD). Sedangkan untuk survey kecepatan kendaraan pada ruas jalan Balapulang – Margasari dihasilkan nilai rata-rata kecepatan kendaraan secara keseluruhan adalah 41,22 km/jam , berdasarkan nilai tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kecepatan pada ruas jalan Balapulang – Margasari Sesuai Dengan Klasifikasi Fungsi Dan Medan Jalan, tidak memenuhi rencana kecepatan yang telah ditetapkan oleh Bina Marga yaitu sebesar 60 – 90 km/jam dengan fungsi jalan adalah kolektor dan medan jalannya adalah datar. Untuk analisis regresi dihasilkan persamaan Y = 36,81 + 0,08 X untuk penambahan 1 nilai PCI. Kata Kunci : Kerusakan Jalan, Perkerasan Jalan Raya, Metode PCI (Pavement

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 01 Mar 2021 07:28
Last Modified: 01 Mar 2021 07:28
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3403

Actions (login required)

View Item View Item