Efektifitas Layanan Konseling Individu Berpendekatan Realitas dalam Menangani Disiplin Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Kramat Tahun Ajaran 2019/2020

ADIATMA, BAGUS (2021) Efektifitas Layanan Konseling Individu Berpendekatan Realitas dalam Menangani Disiplin Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Kramat Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
Bagus Adiatma_1115500016_SKRIPSI BK_Finish.pdf

Download (3MB)

Abstract

Adiatma, Bagus. 2020. Efektifitas Layanan Konseling Individu Berpendekatan Realitas dalam Menangani Disiplin Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah Kramat Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. H. Suriswo, M.Pd Pembimbing II Hastin Budisiwi, S.Psi, M.Pd. Kata Kunci: Layanan Konseling Individu Berpendekatan Realitas, Disiplin Belajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sekolah dengan jenjang pendidikan menengah yang bertujuan mencetak lulusan yang siap bekerja dan siap bersaing dalam dunia kerja. Dunia pekerjaan menuntut mereka agar memiliki sikap disiplin yang tinggi, untuk itu sikap disiplin harus ditanamkan sedini mungkin minimal sikap disiplin dalam belajar. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di SMK Muhammdiyah Kramat menunjukkan bahwa disiplin belajar siswa kelas X TKR masih belum optimal. Siswa yang memiliki disiplin belajar rendah merupakan siswa yang kurang bisa memahami dan menerima keadaan dirinya secara realita dan positif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat disiplin belajar siswa dan efektifitas layanan konseling individu berpendekatan realitas dalam menangani disiplin belajar siswa kelas X program keahlian TKR di SMK Muhammadiyah Kramat Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek yang diteliti sejumlah 2 siswa diambil dari siswa yang memiliki disiplin belajar yang rendah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua siswa yang memiliki disiplin belajar yang rendah dikarenakan karena memiliki lingkungan keluarga yang kurang mendukung, lingkungan teman sebaya yang kurang mendukung dan kurangnya motivasi dalam belajar. Setelah diberikan layanan konseling individual dengan pendekatan realitas, MA dapat memahami dan menerima kondisi keluargannya, tidak merasa rendah diri lagi, menjauhi teman-teman yang nakal dan mencari teman-teman yang lebih baik dan rajin belajar. ES dapat menerima kenyataan dengan positif terhadap sikap orang tuanya, berusaha tidak akan berperilaku negatif lagi dan lebih rajin belajar dengan baik Saran dalam penelitian ini yaitu (1) pihak sekolah baiknya melakukan home visit (kunjungan rumah) dan bertemu dengan orang tua atau wali murid terkait untuk mendiskusikan kepedulian mereka akan kebutuhan belajar siswa di rumah; (2) diharapkan guru dapat memanfaatkan momen perwalian untuk memberikan pengertian kepada siswa tentang pembinaan pergaulan yang baik; (3) diharapkan guru dapat memanfaatkan momen penerimaan rapor dengan mengadakan diskusi dengan orang tua wali murid terkait pentingnya penghargaan sehingga anak termotivasi untuk bersikap disiplin dalam belajar.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:07
Last Modified: 02 Mar 2021 04:07
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3406

Actions (login required)

View Item View Item