PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU SOSIAL REMAJA SMK DI DESA PENER KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2021

LESTARI, IFMAYANI FAURIN (2021) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP PERILAKU SOSIAL REMAJA SMK DI DESA PENER KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_IFMAYANI FAURIN LESTARI_1116500024.pdf

Download (3MB)

Abstract

LESTARI FAURIN, IFMAYANI. 1116500024. 2021. “Pengaruh game online terhadap perilaku sosial remaja SMK di Desa Pener Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2021. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal”. Pembimbing I : Mulyani, M.Pd. Pembimbing II : Dr. Maufur, M.Pd. Kata Kunci : Game Online, Perilaku Sosial Remaja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui remaja kecanduan game online di Desa Pener Kecamatan Taman Kabupaten pemalang tahun 2021, pemahaman perilaku sosial pada remaja, dan pengaruh game online terhadap perilaku sosial remaja di Desa pener Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2021. Pendekatan penelitian kuantitatif non eksperimen, jumlah sampel penelitian ini difokuskan pada remaja yang memiliki perilaku sosial remaja yang sedang duduk di bangku SMK berjumlah 26 remaja. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawanacara dan dokumentasi, serta dianalisis mengguanakan deskriptif presentase dan analisis korelasi product moment. Hasil uji instrumen try out variabel X game online terdapat 1 item yang tidak valid dan variabel Y perilaku sosial terdapat 2 item tidak valid. Hai]sil uji reabilitas N=26, dengan taraf signifikan 5% yaitu variabel X = 0.999 sedangkan variabel Y = 0,821. Berdasarkan data analisis data perhitungan korelasi product moment, maka diperoleh rhitung sebesar 0,646 > tabel 0.373 yang berarti bahwa ada pengaruh yang signifikan game online terhadap perilaku sosial remaja di Desa pener Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang Tahun 2021. Saran yang disampaikan Kepada remaja yang kecanduan game online, diharapkan remaja dapat melakukan hal baik yang bisa bermanfaat dari pada bermain game online dan dapat memberikan gambaran dari dampak negatif yang diberikan oleh game online, dimana dampak tersebut dapat merugikan dan nambah konsep diri seseorang yang sudah menjadi pecandu game online. Kepada remaja yang perilaku sosialnya menyimpang diharapkan remaja menjalin hubungan pertemanan di dunia nayata, karena semakin kuat relasi pertemanan dengan teman dan keluarga maka akan semakin berkurang untuk bermain game dan perilaku sosailnya tidak terganggu di masyarakat.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:41
Last Modified: 02 Mar 2021 04:41
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3409

Actions (login required)

View Item View Item