PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR PERBANKAN DI KELAS X AKUNTANSI SMK SYAFA’ATUL UMMAH BULAKAMBA, BREBES

PURWATININGRUM, DIAH (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR PERBANKAN DI KELAS X AKUNTANSI SMK SYAFA’ATUL UMMAH BULAKAMBA, BREBES. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

PURWATININGRUM, DIAH. 2020. Penerapan Model Pembelajaran STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dasar-Dasar Perbankan Di Kelas X Akuntansi SMK Syafa’atul Ummah Bulakamba.Skripsi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I A.Rony Yulianto, M.Pd. Pembimbing II Neni Hendaryati, M.Pd. Kata kunci: Peningkatan hasil belajar, model pembelajaran STAD Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah ( STAD ) dapat meningkatkan hasil belajar Dasar Perbankan kelas X Akuntansi SMK Syafa’atul Ummah Bulakamba Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode tindakan kelas, sedangkan strategi yang digunakan adalah model siklus dengan langkah-langkah menyusun rencana, mengadakan tindakan, pengamatan dan mengadakan evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi SMK Syafa’atul Ummah Bulakamba Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan model pembelajaran STAD. Analisis data pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan membandingkan hasil belajar peserta didik sebelum dengan hasil belajar peserta didik setelah tindakan, setelah penerapan model pembelajaran STAD. Dari keseluruhan putaran siklus yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran STAD dapat menciptakan peserta didik merasa tertantang pada masalah yang dihadapinya untuk diselesaikan, artinya peserta didik aktif dan merasa tanggung jawab dalam kegiatan pembelajaran terutama dalam kelompoknya masing-masing dan peserta didik lebih berani bertanya serta mau mengungkapkan pendapatnya. Dan dengan model pembelajaran STAD mampu meningkatkan hasil belajar siswa yaitu terbukti dengan peroleh nilai tes atau kognitif dari masing-masing siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I rata-rata nilai tes mencapai 77 pada siklus II nilai rata-rata peserta didik mencapai 87, pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 67 % dan pada siklus II mengalami ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87 %, hasil belajar pada ranah afektif atau sikap peserta didik mengalami peningkatan, pada siklus I mencapai 23 peserta didik (76,67% ), pada siklus II mencapai 28 peserta didik (93,33%), hasil belajar pada ranah psikomotor atau ketrampilan peserta didik juga mengalami peningkatan pada siklus I mencapai 23 peserta didik ( 76,67%) pada siklus II mencapai 29 peserta didik (96,67%).

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 02 Mar 2021 07:07
Last Modified: 03 Feb 2022 03:36
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3415

Actions (login required)

View Item View Item