PENGARUH MEDIA ViScing (Video Screen Recorder Dubbing) DALAM MENINGKATKAN CRITICAL THINKING DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN

MUZAENI, AHMAD (2021) PENGARUH MEDIA ViScing (Video Screen Recorder Dubbing) DALAM MENINGKATKAN CRITICAL THINKING DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI ENERGI DALAM SISTEM KEHIDUPAN. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI 2021_AHMAD MUZAENI_PENDIDIKAN IPA.pdf

Download (7MB)

Abstract

MUZAENI, AHMAD. 2021. Pengaruh media ViScing (Video Screen Recorder Dubbing) dalam meningkatkan critical thinking dan hasil belajar peserta didik pada materi energi dalam sistem kehidupan. Skripsi. Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Antonius Widodo, M.Pd Pembnimbing II Bayu Widiyanto, M.Si Kata Kunci: ViScing (Video Screen Recorder Dubbing), Critical Thinking, dan Hasil Belajar. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik setelah pembelajaran yang menggunakan media ViScing. (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah pembelajaran menggunakan media ViScing. (3) Mengetahui respons peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan media ViScing. Populasi dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas VII MTs Negeri Kota Tegal tahun ajaran 2020/2021 yang terdiri dari 10 kelas dan berjumlah 267. Sampel yang diperoleh untuk kemudian digunakan pada penelitian ini ialah kelas VII I sebagai kelas media dan kelas VII J sebagai kelas media. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ialah soal tes hasil belajar, soal tes kemampuan berpikir kritis, dan angket. Sebagai bahan penelitian menggunakan RPP dan LKPD. Analisis yang dilakukan ialah uji paired sample t-test untuk tes hasil belajar, uji n-gain, dan uji One sample t Test untuk kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) Kondisi awal hasil belajar peserta didik sebelum dilakukan pembelajaran menggunakan media ViScing memiliki rata-rata pada kelas media sebesar 42,83. (2) Peningkatan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media ViScing memiliki rata-rata pada kelas media sebesar 70,64 dengan rerata N-Gain sebesar 0,48 dan masuk ke dalam kategori sedang. (3) Kemampuan berpikir kritis pada kelas media memiliki rata-rata 75,58 dengan kategori indikator berpikir kritis sedang dan tinggi. (4) Respons peserta didik dari kedua kelas eksperimen setelah dilakukan pembelajaran menggunakan media ViScing mendapatkan respons positif.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 03 Mar 2021 02:48
Last Modified: 03 Mar 2021 02:48
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3420

Actions (login required)

View Item View Item