ANALISIS KESALAHAN SISWA SECARA PROSEDURAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRANSFORMASI GEOMETRI Studi Penelitian pada Materi Pokok Transformasi Geometri untuk Siswa Kelas XI Semester II SMK NU 1 Islamiyah Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020

AYUNINGTYAS, DEA (2021) ANALISIS KESALAHAN SISWA SECARA PROSEDURAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL TRANSFORMASI GEOMETRI Studi Penelitian pada Materi Pokok Transformasi Geometri untuk Siswa Kelas XI Semester II SMK NU 1 Islamiyah Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
Skripsi (Dea Ayuningtyas)-1.pdf

Download (7MB)

Abstract

AYUNINGTYAS, DEA. 2021. “Analisis Kesalahan Siswa Secara Prosedural Dalam Menyelesaikan Soal Transformasi Geometri (Studi Penelitian pada Materi Pokok Transformasi Geometri untuk Siswa Kelas XI Semester II SMK NU 1 Islamiyah Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020)”. Pembimbing I Dra. Eleonora Dwi W., M.Pd. Pembimbing II Drs. Paridjo, M.Pd. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Kesalahan Prosedural, Transformasi Geometri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Apa saja jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi transformasi geometri berdasarkan kesalahan prosedural, (2) Apa saja faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi transformasi geometri berdasarkan kesalahan prosedural. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI AK 1 SMK NU 1 Islamiyah Kramat tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yaitu diambil sebanyak 6 subjek yaitu masing-masing 2 subjek dengan nilai hasil tes dari kemampuan tinggi, 2 subjek dengan nilai hasil tes dari kemampuan sedang dan 2 subjek dengan nilai hasil tes dari kemampuan rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Sebelum soal tes diberikan kepada siswa, terlebih dahulu soal tes diajukan kepada validator ahli untuk dinilai kevalidan logisnya kemudian diperoleh instrumen penelitian yang valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : indikator kesalahan prosedural 1. Ketidakteraturan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal matematika, 2. Tidak tepat dalam perhitungan, 3. Tidak melanjutkan langkah penyelesaian secara hirarki, 4. Kerang tepatmya penggunaan simbol-simbol. (1) Subjek T-1 tidak memenuhi 4 indikator kesalahan prosedural, Subjek T-2 memenuhi 1 indikator kesalahan procedural yaitu indikator 3, Subjek S-1 dan S-2 memenuhi 2 indikator kesalahan procedural yaitu indikator 3 dan 4, Subjek R-1 memenuhi 3 indikator kesalahan prosedural yaitu indikator 2, 3 dan 4 dan Subjek R-2 memenuhi 4 indikator kesalahan prosedural. (2) faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan prosedural yaitu tidak terbiasa menuliskan, tidak mengetahui dan tidak teliti menemukan hal yang diketahui dan ditanyakan dalam soal, tidak dapat menghitung dengan tepat, bingung dengan apa yang harus dituliskan untuk mengerjakan soal, tidak bisa mengoperasikan perkalian dengan penjumlahan, lupa untuk menuliskan hasil akhir yang diperoleh, terburu-buru dalam menuliskan jawaban, tidak mengetahui langkah-langkah penyelesaian, tidak mengerti simbol yang terdapat dalam soal, bingung dengan simbol apa yang harus dituliskan untuk menyelesaikan soal, Jarang mengerjakan soal-soal yang terkait materi transformasi geometri.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 03 Mar 2021 03:43
Last Modified: 03 Mar 2021 03:43
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3423

Actions (login required)

View Item View Item