PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN APLIKASI TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

FADLILAH, MOHAMMAD IKHFAN (2021) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PERMAINAN APLIKASI TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 1 SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Full Mohammad Ikhfan Fadlilah 1.pdf

Download (4MB)

Abstract

IKHFAN FADLILAH, MOHAMMAD. 2020. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Aplikasi TikTok Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Prof. Dr. Hj. Sitti Hartinah, DS., MM., Pembimbing II: Sri Adi Nurhayati, S.Psi. MM Kata Kunci: Pengaruh, Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Permainan Aplikasi TikTok. Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik. Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya kepercayaan diri peserta didik pada saat mata pelajaran. Bimbingan kelompok teknik permainan aplikasi TikTok diberikan kepada peserta didik untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik dalam mata pelajaran. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui : 1) tingkat kepercayaan diri peserta didik sebelum diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan aplikasi TikTok, 2) tingkat kepercayaan diri peserta didik sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan aplikasi TikTok, 3) pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan aplikasi TikTok untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XI IPS 1 SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020. Populasi penelitian 27 dengan sampel 18 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas angket dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan statistik uji t-test eksperiment. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepercayaan diri peserta didik sebelum diberi perlakuan dalam kriteria sedang terdapat 5 peserta didik dengan persentase 27,7%, sedangkan tingkat kepercayaan diri peserta didik sesudah diberi perlakuan dalam kriteria tinggi terdapat 5 peserta didik dengan persentase 27,7%, hasil perhitungan uji t-test diperoleh thitung = 7,307 dikonsultasikan dengan ttabel = 2,109 dengan dk = 17, sehingga thitung > ttabel (7,307 > 2,109) jadi hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif yang berbunyi “ Ada Pengaruh Layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan aplikasi TikTok untuk meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas XI IPS 1 SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020.” Diterima. Bagi sekolah diharapkan dapat menjadi masukan dalam pengambilan kebijakan, bagi guru bimbingan dan konseling dapat memberikan wawasan dalam pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik permainan aplikasi TikTok bagi peserta didik diharapkan dapat memiliki kepercayaan diri yang baik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 03 Mar 2021 05:52
Last Modified: 03 Mar 2021 05:52
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3425

Actions (login required)

View Item View Item