UPAYA MEREDUKSI KECANDUAN GAME ONLINE MELALUI KONSELING KELOMPOK BERPENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY PADA REMAJA USIA 13–18 TAHUN DI DESA KARANGASEM KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG

SANTOSO, PRAYUKI (2021) UPAYA MEREDUKSI KECANDUAN GAME ONLINE MELALUI KONSELING KELOMPOK BERPENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY PADA REMAJA USIA 13–18 TAHUN DI DESA KARANGASEM KECAMATAN PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI_PRAYUKI SANTOSO_1116500043.pdf

Download (2MB)

Abstract

PRAYUKI SANTOSO, NPM 1116500043 2020.“UpayaMereduksiKecanduan Game Online Melalui Konseling Kelompok Berpendekatan Rational Emotive Behavior Therapy PadaRemaja Usia 13–18 Tahun Di Desa Karangasem Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang” Skripsi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.Pembimbing I Mulyani M.Pd dan Pembimbing II Dr. Suriswo M.Pd. Kata Kunci :Upaya Mereduksi Kecanduan Game Online Melalui Konseling Kelompok Berpendekatan Rational Emotive Behavior Therapy PadaRemaja Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui kondisi Kecanduan Game online sebelum diberikan Layanan Konseling Kelompok berpendektataan Rational Emotive Behavior Therapypada remaja usia 13-18 tahun di Desa Karangasem, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. 2) Untuk mengetahui bagaimana kondisi kecanduan Game Online sesudah di berikan Layanan Konseling Kelompok berpendekatan Rational Emotive Behavior Therapy pada remaja usia 13-18 tahun di Desa Karangasem, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. 3) Untuk mengetahui Upaya Mereduksi Kecanduan Game Online Melalui Layanan Konseling Kelompok berpendekatan Rational Emotive Behavior Therapy pada Remaja usia 13-18 tahun di Desa Karangasem, Kecamatan Petarukan, Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest design.Dengan populasi remaja usia 13-18 tahun dengan jumlah 30 remaja, pengambilan sample menggunakan kuesioner dengan jumlah 20 remaja dengan teknik purposive sampling. Adapun teknik yang diambil dengan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Data dianalisi dengan menggunakan IMB SPSSStatistics 22dengan uji paired sample T-Test. Upaya yang dilakukan dalam mereduksi kecanduan game onlineyaitu dengan pemberian layanan konseling kelompok pendekatan rational emotive behavior therapypada remaja usia 13-18 tahun yang mengalami kecanduan game online. Hal ini dapat dilihat darikondisi kecanduan game online sebelum diberikan treatment(pre-test) yaitudalam kategori sangat rendah bejumlah 1 remaja (10%), kategori rendah berjumlah 2 remaja (10%) , kategori cukup bejumlah 3 remaja pada (15%), kategori tinggi bejumlah 7 remaja pada rentang (35%), kategori sangat tinggi bejumlah 6 remaja (30%). Kondisi sebelum perlakuan (Pre-test) terdapat 7 remaja (35%) yang berarti masih banyak remaja yang mengalami kecanduan game online yang sangat tinggi. Kondisi sesudah diberikan treatment (post-test) yaitu dalam kategori sangat rendah bejumlah 5 remaja (25%), kategori rendah berjumlah 7 remaja (35%), kategori cukup bejumlah 4 remaja (20%), kategori tinggi bejumlah 3 remaja (15%), kategori sangat tinggi bejumlah 1 remaja (5%), kondisi setelah diberikan perlakuan mengalami penurunan. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan post-test tersebut.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 03 Mar 2021 05:58
Last Modified: 03 Mar 2021 05:58
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3426

Actions (login required)

View Item View Item