ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI KOTA TEGAL (Studi Penelitian pada Kelas VII Tunagrahita A SLBN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020)

Nugroho, Kartika Nur Arsih (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI KOTA TEGAL (Studi Penelitian pada Kelas VII Tunagrahita A SLBN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI PDF_KARTIKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

NUGROHO, KARTIKA NUR ARSIH. 2021. Analisis Pembelajaran Matematika Di Sekolah Luar Biasa Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Pendidikan matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Unniversitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Paridjo M.Pd. Pembimbing II Ibnu Sina,S.T.,M.Pd.,M.Kom. Kata Kunci : Analisis, Pembelajaran Matematika Sekolah Luar Biasa, Tunagrahita Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika di kelas VII Tunagrahita SLBN Kota Tegal ditinjau dari perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran di kelas, metode pembelajaran yang digunakan dan media atau alat pembelajaran yang dipakai.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara dan observasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, pedoman observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru SLB Kelas VII Tunagrahita sesuai dengan kurikulum yang digunakan yaitu kurikulum 2013. (2) Pelaksanaan pembelajaran didalam kelas VII tunagrahita dengan metode mengajar klasikan dan pembelajaran realistik. (3) Kegiatan penilaian yang dilakukan guru dibagi menjadi dua yaitu penilaian sikap dan juga penilaian pengetahuan. (4) Menggunakan alat peraga yang dapat membantu berjalannya kegiatan pembelajaran. (5) Selalu melakukan evaluasi ketika selesai melaksanakan kegiatan pembelajaran didalam kelas. (6) Hambatan yang ada didalam setiap pembelajaran siswa terlalu sering tidak mengerjakan tugas yang pada akhirnya mengharuskan guru untuk memberikan hukuman dan teguran pada siswa tersebut. (7) Respon yang diberikan siswa selalu baik, karena guru selalu berusaha menciptakan suasana yang menyenangkan agar siswa tidak terlalu bosan dengan sekolah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:26
Last Modified: 03 Feb 2022 07:04
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3431

Actions (login required)

View Item View Item