ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DARING VIA WHATSAPP BERBANTUAN MS. POWERPOINT (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester Gasal SMK Satya Praja 1 Petarukan Tahun Ajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linier Dua Variabel)

MUTMAINAH, SITI (2021) ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN DARING VIA WHATSAPP BERBANTUAN MS. POWERPOINT (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas X Semester Gasal SMK Satya Praja 1 Petarukan Tahun Ajaran 2020/2021 pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linier Dua Variabel). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI PDF_INAH.pdf

Download (6MB)

Abstract

MUTMAINAH, SITI. 2021. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Daring Via WhatsApp Berbantuan Ms. Powerpoint. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal., Pembimbing I Rizqi Amaliyakh S., M.Pd. Pembimbing II Drs. Suwandono, M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Komunikasi Matematis, Pembelajaran Daring, WhatsApp, Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis pada peserta didik di kelas X SMK Satya Praja 1 Petarukan dengan materi sistem persamaan linier dua variabel melalui pembelajaran daring via WhatsApp berbantuan Ms. Powerpoint. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMK Satya Praja 1 Petarukan. Penentuan subjek penelitian menggunakan sampel bertujuan (Purposive sample) berdasarkan nilai tes kemampuan komunikasi matematis. Selanjutnya dipilih enam peserta didik, dua peserta didik dengan kemampuan komunikasi tinggi, dua peserta didik dengan kemampuan komunikasi sedang dan dua peserta didik dengan kemampuan komunikasi rendah dan pemilihan peserta didik berdasarkan saran dari guru mapel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan wawancara. Hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis untuk subjek dengan kemampuan komunikasi matematis tinggi memenuhi tiga indikator yaitu indikator 1 (mampu menjelaskan ide atau situasi matematis secara tertulis), indikator 3 (mampu memodelkan situasi-situas dengan menggunakan tulisan, baik secara konkret, gambar, grafik atau model-model aljabar), dan indikator 4 (mampu memahami dan mengevaluasi ide-ide matematika dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari). Subjek dengan kemampuan komunikasi matematis sedang memenuhi dua indikator kemampuan komunikasi matematis yang sama yaitu indikator 2 (mampu menyatakan peristiwa sehari-hari dengan simbol-simbol matematika dalam menyajikan ide-ide matematika), dan indikator 4 (mampu memahami dan mengevaluasi ide-ide matematika dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari). Sedangkan subjek dengan kemampuan komunikasi matematis rendah hanya memenuhi satu indikator kemampuan komunikasi matematis yang sama yaitu indikator 3 (mampu memodelkan situasi-situas dengan menggunakan

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 04 Mar 2021 03:32
Last Modified: 04 Mar 2021 03:32
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3432

Actions (login required)

View Item View Item