DOMINASI MAJAS DALAM ANTOLOGI PUISI CINTA DAN PENGORBANAN KARYA DOSEN DAN MAHASISWA PBSI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA

SAFRUDIN, AHMAD FAIZ (2021) DOMINASI MAJAS DALAM ANTOLOGI PUISI CINTA DAN PENGORBANAN KARYA DOSEN DAN MAHASISWA PBSI UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
Skripsi Ahmad Faiz Safrudin.pdf

Download (1MB)

Abstract

SAFRUDIN, AHMAD FAIZ. 2021. “Dominasi Majas dalam Antologi Puisi Cinta dan Pengorbanan Karya Dosen dan Mahasiswa PBSI Universitas Pancasakti Tegal dan Implikasi terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA” Pembimbing I : Dra. Sri Mulyati, M.Pd. Pembimbing II : Vita Ika Sari, M.Pd. Kata kunci : Puisi, Majas, Implikasi Penelitian ini digunakan untuk mengkaji tentang dominasi majas dalam sebuah antologi puisi. Permasalahan yang dikaji adalah (1) Bagaimanakah dominasi majas dalam antologi puisi Cinta dan Pengorbanan karya Dosen dan Mahasiswa PBSI Universitas Pancasakti Tegal, (2) bagaimana implikasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Sejalan dengan permasalahan yang ada, maka penelitian ini memiliki tujuan yaitu (1) Mendeskripsikan dominasi majas dalam antologi puisi Cinta dan Pengorbanan karya Dosen dan Mahasiswa PBSI Universitas Pancasakti Tegal, (2) mendeskripsikan implikasi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk dapat menjabarkan tentang dominasi majas yang terdapat dalam antologi puisi Cinta dan Pengorbanan karya dosen dan mahasiswa PBSI Universitas Pancasakti Tegal. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari kata, frasa, baris dan bait dalam antologi puisi Cinta dan Pengorbanan karya dosen dan mahasiswa PBSI Universitas Pancasakti Tegal. Penelitian ini menggunakan metode baca dan catat dalam melakukan identifikasi datanya. Hasil penelitian ini yaitu sebanyak 190 data yang telah di persentasekan. Data tersebut meliputi majas perumpamaan sebanyak 22 data dengan persentase 11,5%, majas metafora sebanyak 6 data dengan persentase 3,2%, majas personifikasi sebanyak 85 data dengan persentase 44,7%, majas antitesis sebanyak 7 data dengan persentase 3,7%, majas hiperbola sebanyak 8 data dengan persentase 4,2%, majas oksimoron sebanyak 2data dengan persentase 1,1%, majas zeugma sebanyak 3 data dengan persentase 1,6%, majas metonimia sebanyak 1 data dengan persentase 0,5%, majas inversi sebanyak 2 data dengan persentase 1,1%, majas aliterasi sebanyak 6 data dengan persentase 3,2%, majas repitisi sebanyak 48 data dengan persentase 25,2%. Setelah kita analisis, majas paling sering ditemukan atau paling dominan adalah majas personifikasi yang terdapat 85 data dengan persentase 44,7%. Untuk implikasi pembelajaran bahasa Indonesia dapat diterapkan pada kelas X semester genap dengan kurikulum 2013, KD 3.17 Menganalisis unsur – unsur pembangun puisi , karena implikasinya ini diharapkan siswa dapat memahami tentang unsur pembangun puisi utamanya majas, sehingga siswa dapat menulis dan mendemonstrasikan puisi dengan baik dan indah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:14
Last Modified: 04 Mar 2021 04:14
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3435

Actions (login required)

View Item View Item