UPAYA GURU BK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK KELAS IX F DI SMP NEGERI 4 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

DWININGRUM, VIKA (2021) UPAYA GURU BK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR DI ERA PANDEMI COVID-19 PADA PESERTA DIDIK KELAS IX F DI SMP NEGERI 4 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI VIKA DWI.pdf

Download (623kB)

Abstract

DWININGRUM, VIKA.2021.Upaya Guru BK Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Di Era Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas IX F di SMP Negeri 4 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021.Bimbingan dan Konseling.Skripsi.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof. Dr. Sitti Hartinah DS.,MM Pembimbing II : Hastin Budisiwi, S.Psi.,M.Pd Kata Kunci : Kedisiplinan Belajar Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana program, implementasi dan hasil dari upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kedisiplinan belajar pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun cara pengambilan data yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi langsung dan hasil wawancara dengan subyek penelitian, upaya guru BK dalam meningkatkan kedisiplinan belajar peserta didik adalah dengan layanan konseling individu. Dengan layanan konseling individu, peserta didik dapat mengetahui bahwa mereka mengalami masalah dalam belajar, dan kemudian peserta didik akan mengungkapkan penyebab-penyebab pelanggaran kedisiplina dalam belajar yang sedang peserta didik alami. Berdasarkan hasil penelitian, perubahan perilaku peserta didik sudah terlihat, hal ini dapat dilihat melalui beberapa aspek. Aspek-aspek yang dapat dilihat mengenai perubahan perilaku peserta didik untuk kembali disiplin yaitu dalam hal kembali mengerjakan dan mengumpulkan tugas yang diberikan guru mata pelajaran, kembali berdisiplin dalam hal kehadiran, dan kembali berdisiplin dalam hal pengaturan waktu belajar. Dari hasil layanan konseling individu yang sudah dilaksanakan oleh guru BK terhadap peserta didik yang tidak disiplin sudah mengalami perubahan yang lebih baik. Artinya peserta didik tersebut sudah memiliki perilaku berdisiplin dalam belajar. Adapun saran yang dapat diajukan adalah diharapkan kepada orangtua untuk lebih memperhatikan dan melakukan pengawasan secara langsung kepada anak agar tetap melakukan tugasnya sebagai peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:50
Last Modified: 04 Mar 2021 04:50
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item View Item