MENGURANGI SUMBER PRASANGKA CYBERBULLIYING MENGGUNAKAN PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF PESERTA DIDIK KELAS VII F SMP NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

ESTUNINGSIH, WINDY (2021) MENGURANGI SUMBER PRASANGKA CYBERBULLIYING MENGGUNAKAN PENDEKATAN RASIONAL EMOTIF PESERTA DIDIK KELAS VII F SMP NEGERI 3 BREBES TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP-1.pdf

Download (5MB)

Abstract

ESTUNINGSIH, WINDY. 2020. ”Mengurangi Sumber Prasangka Cyberbullying Menggunakan Pendekatan Rasional Emotif Peserta Didik Kelas VII F SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2019 / 2020”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr.Hj.Sitti Hartinah DS,. Pembimbing II Sesya Dias Mumpuni, MPd. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Rasional Emotif, Sumber Prasangka Cyberbullying. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana tingkat sumber prasangka cyberbullying sebelum diberikan pendekatan rasional emotif pada peserta didik kelas VII F SMP N 3 Brebes Tahun Pelajaran 2019 / 2020. (2) Bagaimana tingkat sumber prasangka cyberbullying sesudah diberikan layanan dengan pendekatan rasional emotif pada peserta didik kelas VII F SMP N 3 Brebes Tahun Pelajaran 2019 / 2020. (3) Bagaimana cara mengurangi sumber prasangka pada cyberbullying peserta didik kelas VII F menggunakan pendekatan rasional emotif SMP N 3 Brebes Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berkurangnya sumber prasangka cyberbullying setelah dilakukan bimbingan kelompok dengan menggunakan pendekatan rasional emotif peserta didik kelas VII F SMP N 3 Brebes. Penelitian ini menggunakan sampel 14 peserta didik yang memiliki cyberbullying tertinggi. Alat pengukur data yang digunakan adalah kuesioner yang telah dicoba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Pearson Product Moment, uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Teknik analisis data penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif dan statistik uji t (t-test). Berdasarkan perhitungan pre-test diperoleh skor rata-rata dengan angka 138,6364 dengan ketercapaian 54% pada kriteria tinngi. Sedangkan pada post-test diperoleh skor 124,3636 dengan angka ketercapaian 54% pada kriteria rendah. Sedangakan pada nilai t-test perhitungan diperoleh thitung sebesar 18,474 dan ttabel dengan derajat kebebasan (dk) 22-1 = 21, dan pada taraf signifikan 5% di dapat ttabel sebesar 2,073. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (18,474 > 2,073) maka hipotesis nol (nihil) (Ho) menyatakan bahwa “penggunaan layanan konseling kelompok dapat mengurangi sumber prasangka cyberbullying peserta didik kelas VII F SMP Negeri 3 Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020.” Saran yang diajukan adalah agar konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif perlu ditingkatkan agar peserta didik mampu berpikir secara rasional. Khususnya gru BK dalam membantu peserta didik untuk mengurangi sumber prasangka cyberbullying pada peserta didik, mengingat kalangan remaja di zaman milenial ini menggunakan media sosial.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Repository
Date Deposited: 04 Mar 2021 04:52
Last Modified: 04 Mar 2021 04:52
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3440

Actions (login required)

View Item View Item