POLA KECANDUAN GAME ONLINE MOBILE LEGEND PADA PERILAKU KONSUMTIF (Studi Kasus di SMPN 01 Kedungbanteng Kelas VIII Tahun Pelajaran 2019/2020)

SYARIPUDIN, AHMAD (2021) POLA KECANDUAN GAME ONLINE MOBILE LEGEND PADA PERILAKU KONSUMTIF (Studi Kasus di SMPN 01 Kedungbanteng Kelas VIII Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi thesis, UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL.

[img] Text
SKRIPSI AHMAD SYARIPUDIN-FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (718kB)

Abstract

SYARIPUDIN, AHMAD.2020.Perilaku Konsumtif pada Pecandu Game Online Mobile Legend. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. H. Suriswo, M.Pd Pembimbing II : M. Arif Budiman S., M.Pd Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Game Online Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan faktor-faktor dan dampa dari kecanduan game online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun cara pengambilan data yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi langsung dan hasil wawancara dengan subyek penelitian, perilaku konsumtif pada pelajar dipengaruhi oleh lingkungan. Semakin seseorang menyukai game online mobile legend tersebut maka akan semakin banyak mengeluarkan uang untuk bermain. Kehadiran dari teman atau dukungan dari orang luar yang diterima oleh para gamer pelajar mendorong mereka bermain terus menerus. Lingkungan keluarga juga menjadi faktor langgengnya aktivitas bermain game online menentukan cara tingkah laku individu terhadap orang lain dalam pergaulan sosial. Kompensasi perhatian orangtua terhadap anak dalam bentuk uang membuat anak memiliki modal untuk bisa bermain game online. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dampak positif diantaranya adalah mereka mendapat kesenangan dan hiburan, mendapatkan banyak teman baru, kemampuan konsentrasi yang baik serta mengikuti perkembangan teknologi. Dampak negatifnya adalah mereka menjadi malas belajar, lupa waktu, boros dalam memanfaatkan uang jajan, suka berbicara kasar, agresif, pergaulan tidak terkontrol, mengganggu kesehatan fisik dan psikologis Adapun saran yang dapat diajukan adalah diharapkan kepada orangtua untuk lebih memperhatikan danmelakukan pengawasan secara langsung kepada anak agar tidak terlalu larut dalam permainan game online.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 04 Mar 2021 06:43
Last Modified: 09 Jan 2023 07:04
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3446

Actions (login required)

View Item View Item