PENGARUH HASIL MICROTEACHING DAN HASIL BIMBINGAN GURU PAMONG TERHADAP HASIL PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL

HANINGSIH, DIA (2021) PENGARUH HASIL MICROTEACHING DAN HASIL BIMBINGAN GURU PAMONG TERHADAP HASIL PRAKTIK MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP (DIA HANINGSIH).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

HANINGSIH, DIA. 2021. Pengaruh Hasil Microteaching dan Hasil Bimbingan Guru Pamong terhadap Hasil Praktik Mengajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Pancasakti. Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Neni Hendaryati, M.Pd Pembimbing II : Dr. Hj. Dewi Apriani Fr.,MM Kata Kunci: Hasil Microteaching, Hasil Bimbingan Guru Pamong, Hasil Praktik Mengajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya (1) pengaruh hasil microteaching terhadap hasil praktik mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal, (2) pengaruh hasil bimbingan guru pamong terhadap hasil praktik mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal, dan (3) pengaruh hasil microteaching dan hasil bimbingan guru pamong terhadap praktik mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah korelasional asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi yang telah mengikuti mata kuliah microteaching dan sampel diambil semua. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, angket dan dokumen.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskripif, analisis regresi linier sederhana, dan analisis regresi linier beganda. Hasil penelitian menujukkan (1) hasil microteaching mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil praktik mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal, (2) hasil bimbingan guru pamong mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil praktik mengajar mahasiswa pendidikan ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal, dan (3) hasil microteaching dan hasil bimbingan guru pamong secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil praktik mengajar mahasiswapendidikan ekonomi FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang diberikan adalah kepada program studi dan dosen pendidikan ekonomi melakukan evaluasi untuk meningkatkan kamampuan mengajar mahasiswa sehingga menghasilkan output yang kompeten dan berkualitas khususnya dalam menjadi guru. Untuk mahasiswa calon guru diharapkan dalam memilih jurusan maka harus konsisten dan menekuni

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 10 Mar 2021 07:12
Last Modified: 03 Feb 2022 06:56
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3476

Actions (login required)

View Item View Item