PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DAN GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BAGI PESERTA DIDIK KELAS IX ¬H SMP NEGERI 1 BULAKAMBA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MULYANI, SRI (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DAN GLOBALISASI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BAGI PESERTA DIDIK KELAS IX ¬H SMP NEGERI 1 BULAKAMBA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP MULYANI .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sri Mulyani. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi Melalui Model Pembelajaran Make A Match Bagi Peserta Didik Kelas IX H SMP Negeri 1 Bulakamba Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020.Skripsi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Hj. Dewi Apriani Fr., M.M. Pembimbing II Neni Hendaryati, M.Pd. Kata kunci: Peningkatan hasil belajar, Model pembelajaran make a match Penelitian ini dilakukan karena rendahnya hasil belajar IPS kelas IX H. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS melalui model pembelajaran make a match bagi peserta didik kelas IX H Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode tindakan kelas, sedangkan strategi yang digunakan adalah model siklus dengan langkah-langkah menyusun rencana, mengadakan tindakan, pengamatan dan mengadakan evaluasi. Pelaksanaan kegiatan penelitian dilakukan dengan dua siklus dengan subyek peneitian siswa kelas IX H Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian dimulai pada Pra siklus dengan ketuntasan belajar minimum sebesar 46,87%. Jumlah 32 peserta didik hanya 15 peserta didik yang memenuhi ketuntasan belajar minimum dan 17 peserta didik tidak memenuhi ketuntasan belajar atau sebesar 53,13%. Hasil belajar berdasarkan siklus 1 dengan model pembelajaran make a match, dari jumlah 32 pserta didik terdapat peserta didik yang tuntas dengan mendapat nilai sekurang-kurangnya 75 sebanyak 23 peserta didik atau sebesar 71,88 %, sedangkan peserta didik yang belum tuntas dengan mendapat nilai kurang dari 75 sebanyak 9 peserta didik atau sebesar 28,12 pada materi Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi dengan rata-rata kelas sebesar 74,91. Dilanjutkan dengan tes siklus II, dari jumlah 32 peserta didik terdapat 28 peserta didik yang tuntas dengan mendapat nilai sekurang-kurangnya 75 atau ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 87,50 % sedangkan peserta didik yang belum tuntas dengan mendapat nilai kurang dari 75 sebanyak 4 peserta didik atau sebesar 12,50 % dengan nilai rata-rata sebesar 81,25 sehingga pembelajaran kooperatif model make a match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar IPS dan memperbanyak latihan soal. Dengan demikian pembelajaran kooperatif model make a match dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 15 Mar 2021 06:53
Last Modified: 03 Feb 2022 06:54
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3486

Actions (login required)

View Item View Item