MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN TUTOR SEBAYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar)

SYAHRUL, MA’ARIF (2019) MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBANTUAN TUTOR SEBAYA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar). Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SYAHRUL MA'ARIF - PMtk - 1715500086 - SKRIPSI.pdf

Download (5MB)

Abstract

MA’ARIF, SYAHRUL. 2019. “Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Berbantuan Tutor Sebaya pada Pembelajaran Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2018/2019 pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Wikan Budi Utami, M.Pd., Pembimbing II : Hj. Isnani, M.Si., M.Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining, Tutor Sebaya, Kemampuan Komunikasi Matematis, Disposisi Matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan Tutor Sebaya dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berdasarkan disposisi matematis tinggi maupun rendah, sehingga dapat diketahui apakah ada perbedaan dan mana yang lebih baik ditinjau dari disposisi matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kramat Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 10 kelas. Pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling diperoleh dua kelas eksperimen 1, dua kelas eksperimen 2, dan satu kelas uji coba. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket, dan tes. Analisis data penelitian ini menggunakan uji RAK dengan uji Bonferroni sebagai uji lanjut dan uji t satu pihak kanan, sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) ada perbedaan perbedaan kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan Tutor Sebaya dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berdasarkan disposisi matematis tinggi maupun rendah, (2) kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan Tutor Sebaya tidak lebih baik atau sama dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining ditinjau dari disposisi matematis tinggi, dan (3) kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berbantuan Tutor Sebaya lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining ditinjau dari disposisi matematis rendah.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: repository administrator
Date Deposited: 09 Jan 2020 12:01
Last Modified: 09 Jan 2020 12:01
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/350

Actions (login required)

View Item View Item