EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMKN 3 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

PUSPITA SARI, SANTIKA MEI (2010) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DESAIN PEMODELAN DAN INFORMASI BANGUNAN SMKN 3 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI SANTIKA MEI PUSPITA SARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

SARI, SANTIKA MEI PUSPITA.2020. Judul Skripsi “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling untuk Meningkatkan Motivasi Akademik Pada Peserta Didik Kelas XI Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMKN 3 Tegal Tahun Pelajaran 2020/2021”. Prodi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. H. Suriswo, M.Pd Pembimbing II M. Arif Budiman S., M.Pd Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling, Motivasi Akademik Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi akademik peserta didik sebelum diberi layanan bimbingan kelompok teknik modeling, sesudah diberi layanan bimbingan kelompok teknik modeling dan efektivitas layanan bimbingan kelompok teknik modeling untuk meningkatkan motivasi akademik pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Adapun cara pengambilan data yaitu menggunakan teknik observasi, angket dan dokumentasi Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata hasil pretes adalah 121,64 dari 14 responden. Sebaran data yang diperoleh adalah 6,732 dengan standar error 1,799, sedangkan rata-rata hasil postes adalah 148,86 dari 14 responden. Sebaran data yang diperoleh adalah 11,030 dengan standar error 2,948. Hal ini menunjukan hasil postest lebih baik daripada hasil pretest. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai Thitung 8,925 dan Ttabel 1.771, Karena nilai Thitung 8,925 > Ttabel 1,771 , maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik modeling dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan motivasi akademik pada peserta didik. Adapun saran yang dapat diajukan untuk semua pihak yang berkaitan seperti sekolah dan guru bimbingan konseling adalah diharapkan dapat saling bekerja sama dalam mengatasi masalah-masalah peserta didik khususnya masalah motivasi akademik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Adyatiek Retno Arum
Date Deposited: 17 Mar 2021 02:01
Last Modified: 17 Mar 2021 02:01
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3514

Actions (login required)

View Item View Item