PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL DRILLING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SIRAMPOG, KABUPATEN BREBES SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SOBIROH, ENTIN (2010) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SNOWBALL DRILLING PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 2 SIRAMPOG, KABUPATEN BREBES SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SKRIPSI ENTIN SOBIROH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Entin Sobiroh. 2020. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Pembelajaran Snowball Drilling Pada Siswa Kelas VIII A SMPN 2 Sirampog, Kabupaten Brebes Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Hj. Farida, M.Si. Pembimbing II Neni Hendaryati, S.Pd, M.Pd. Kata kunci: Peningkatan hasil belajar, metode pembelajaran snowball drilling Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode snowball drilling dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas VIII A SMPN 2 Sirampog. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode tindakan kelas, sedangkan strategi yang digunakan adalah model siklus dengan langkah-langkah menyusun rencana, mengadakan tindakan, pengamatan dan mengadakan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 2 Sirampog Kabupaten Brebes semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan metode pembelajaran snowball drilling. Analisis data pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan membandingkan hasil belajar siswa sebelum dengan hasil belajar setelah penerapan metode pembelajaran snowball drilling. Dari keseluruhan putaran siklus yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran snowball drilling mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I rata-rata nilai tes mencapai 72,17 dengan jumlah siswa yang tuntas 18 anak dan yang belum tuntas 12 anak. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik mencapai 76 dengan jumlah siswa yang tuntas 26 anak dan yang tidak tuntas 4 anak. Pada pra siklus I ketuntasan belajar secara klaksikal mencapai 60% dan pada siklus II mengalami ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 86%. Dari hasil tersebut maka penerapan metode snowball drilling pada pembelajaran di kelas VIII A SMPN 2 Sirampog, Kabupaten Brebes berhasil meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian metode snowball drilling dapat direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran IPS untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi dan mata pelajaran yang berbeda di SMP Negeri di kecamatan Sirampog.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Adyatiek Retno Arum
Date Deposited: 17 Mar 2021 02:16
Last Modified: 17 Mar 2021 02:16
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3516

Actions (login required)

View Item View Item