EFEKTIVITAS BRANDING TERHADAP MINAT MASYARAKAT UNTUK MENGKONSUMSI PRODUK HASIL PERIKANAN DI KOTA TEGAL

NASUCHA, ACHMAD (2021) EFEKTIVITAS BRANDING TERHADAP MINAT MASYARAKAT UNTUK MENGKONSUMSI PRODUK HASIL PERIKANAN DI KOTA TEGAL. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
skripsi pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ACHMAD NASUCHA (NPM: 3115500001). Efektivitas Branding Terhadap Minat Masyarakat Mengkonsumsi Produk Hasil Perikanan di Kota Tegal. (Dosen Pembimbing : Kusnandar dan Noor Zuhry). Sejak dicanangkan program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemar Ikan) oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) pada tahun 2014, konsumsi ikan dalam negeri meningkat, termasuk Kota Tegal. Meningkatnya minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan diiringi oleh meningkatnya jumlah gerai dan penjualan ikan olahan, baik ikan olahan berbranding maupun tidak berbranding. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keterkaitan branding serta keefektifan branding terhadap minat masyarakat untuk mengkonsumsi ikan olahan (frozen food) di Kota Tegal. Penelitian ini dilaksanakan dalam bulan Desember 2020 dan bertempat di tiga gerai yaitu Ulam sari, Sari Ulam, Roemah Adem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Sampel diambil dari 97 responden menggunakan accident sampling. Data dianalisis dengan Skala Guttman. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa dari hasil uji Brand Awareness jawaban rata-rata 87,71%, hal ini menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan branding terhadap minat masyarakat mengkonsumsi ikan olahan (frozen food) di Kota Tegal. Terdapat hubungan yang kuat, positif dan signifikan dari hasil uji Koefisien Skalabilitas dibuktikan dengan perolehan Ks= 0,75 dengan hasil uji Skala Guttman jawaban rata-rata 87,78%. Efektifitas branding terhadap minat masyarakat untuk mengkonsumsi produk ikan olahan di Kota Tegal terbukti positif. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang membeli di Sari ulam, Ulam Sari, Roemah Adem. Kata Kunci : Efektivitas Branding, Minat Masyarakat.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:13
Last Modified: 03 Feb 2022 04:01
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3581

Actions (login required)

View Item View Item