IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA KELAS XI MELALUI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMK PGRI 2 TAMAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

KHUSNA, AYU ADDINA (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SEKOLAH SISWA KELAS XI MELALUI PROGRAM SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMK PGRI 2 TAMAN PEMALANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
laporan_skripsi_ayu_100%[1].pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ADDINA, AYU KHUSNA. 2021. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah Siswa Kelas XI Melalui Program Sekolah Ramah Anak Di SMK PGRI 2 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2020/2021.Skripsi. Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Muntoha Nasucha, M.Pd., Pembimbing II Drs. Subiyanto, M.Pd. Kata Kunci : Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan, Sekolah Ramah Anak, Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Sekolah Melalui Program Sekolah Ramah Anak. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana siswa kelas XI dalam mengimplementasikan karakter peduli lingkungan di sekolah kaitannya dengan adanya program sekolah ramah anak. Permasalahan dan pertanyaan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan sekolah di SMK PGRI 2 Taman Pemalang?. (2) Program-program apa saja yang dilakukan sekolah dalam upaya mengimplementasikan pendidikan karakter peduli lingkungan sekolah?. (3) Kendala apa saja yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan sekolah di SMK PGRI 2 Taman Pemalang? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Implementasi pendidikan karakter penduli lingkungan sekolah di SMK PGRI 2 Taman Pemalang sudah baik, hal ini dapat di lihat dari sikap guru yang selalu menanamkan pendidikan karakter melalui pembelajaran Ppkn dan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah kepada peserta didik. (2) Program-program yang ada di SMK PGRI 2 Taman Pemalang yang berkaitan dengan pendidikan karakter sudah dilaksanakan dengan cukup baik, hal ini dapat di lihat dari visi sekolah dan adanya kegiatan untuk menunjang pendidikan karakter epduli lingkungan sekolah yaitu kegiatan yang di lakukan setiap hari jumat yaitu jsalah satunya jumat bersih. (3) Kendala yang dihadapi dalam impelemntasi pendidikan karakter peduli lingkungan sekolah yaitu dari peserta didik itu sendiri.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:20
Last Modified: 03 Feb 2022 06:11
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3582

Actions (login required)

View Item View Item