KONSELING REALITAS UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NU 01 HASYIM ASY’ARI TARUB TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SUNDARI, SITI (2021) KONSELING REALITAS UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NU 01 HASYIM ASY’ARI TARUB TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
SITI SUNDARI(1116500054)_FKIP_BK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

SUNDARI, SITI. 2020. “Konseling Realitas Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Peserta Didik Kelas XI SMA NU Hasyim Asy’ari Tarub Tahun Pelajaran 2019/2020” Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr.Hj.Sitti Hartinah DS,. Pembimbing II Sri Adi Nurhayati,S.Psi, S.Pd, M.M. Kata Kunci : Konseling Realitas, Konseling Kelompok, Prokrastinasi Akademik Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana tingkat perilaku prokrastinasi akademik sebelum di berikan layanan konseling realitas peserta didik kelas XI SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub Tahun Pelajaran 2019/2020, (2) Bagaimana tingkat perilaku prokrastinasi akademik sesudah di berikan layanan konseling realitas peserta didik kelas XI SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Apakah konseling realitas dapat mengurangi perilaku Prokrastinasi akademik pada peserta didik kelas XI SMA NU 01 Hasyim Asy’ari Tarub tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahahi dan mengurangi perilaku prokrastinasi akademiksebelum dan sesudah dilakukan layanan konseling kelompok realitas kepada peserta didik kelas XI SMA NU Hasyim Asy’ari Tarub. Penelitian ini menggunakan 38 peserta didik yang tinggi. Alat pengukur data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner yang telah dicoba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Uji validitas dengan rumus Pearson Product Moment, uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Teknik analisis data penelitian ini yaitu teknik analisis deskriptif dan statistik uji t (t-test). Hasil penelitian sebelum dan sesudah diberikan treatment dilakukan pengujian menggunakan uji t, diperoleh thitung sebesar 9,174 dan ttabel dengan derajat kebebasan (dk) 38-1 = 37, dan pada taraf signifikan 5% didapat ttabel sebesar 2.024. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (9,471 > 2.024) maka dari uji t tersebut dapat diartikan adanya perubahan perilaku akibat dari treatment yang diberikan. Saran yang diajukan adalah agar konseling kelompok realitas perlu ditingkatkan agar peserta didik mampu dalam membagi waktu antara mengerjakan dan mengumpulkan tugas tepat waktu dan melakukan kegiatan lain. Khususnya guru BK dalam membantu peserta didik untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2021 04:31
Last Modified: 03 Feb 2022 04:07
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3589

Actions (login required)

View Item View Item