KONSELING KELOMPOK BERPENDEKATAN TRAIT AND FACTOR UNTUK MENGURANGI LEARNING DISORDER PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 2 TALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WUSTOHARO, YUNI (2021) KONSELING KELOMPOK BERPENDEKATAN TRAIT AND FACTOR UNTUK MENGURANGI LEARNING DISORDER PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 2 TALANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Pancasakti Tegal.

[img] Text
YUNI WUSTOHARO 1116500069 BK FKIP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

WUSTOHARO, YUNI. 2020., Konseling Kelompok Berpendekatan Trait And Factor Untuk Mengurangi Learning Disorder Pada Peserta Didik Kelas VII SMP N 2 Talang Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2019/2020 Skripsi Bimbingan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Prof. Dr. Sitti Hartinah, DS. MM. Pembimbing II :Sesya Dias Mumpuni, M. Pd. Kata Kunci : Konseling Kelompok Berpendekatan Trait And Factor Untuk Mengurangi Learning Disorder Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang mengalami learning disorder. Hampir sebagian peserta didik mempunyai learning disoder yang tinggi. Yang menyebabkan peserta didik dalam proses menerima pelajaran sulit dan setiap peserta didik memiliki learning disoder yang berbeda-beda kriterianya. Diantaranya seperti kesulitan membaca atau memehami bacaan, menulis mengungkapkan ide dan juga kesulitan matematika, berhitung dan aritmatika. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ; 1). Tingkat learning disorder sebelum dilakukan konseling kelompok berpendekatan trait and factor, 2). Untuk mengetahui peserta didik yang mengalami Learning disorder sesudah diberikan layanan konseling kelompok berpendekatan trait and factor dan 3). Peran layanan konseling kelompok berpendekatan trait and factor untuk mengurangi learning disorder Populasi penelitian 32 dengan sampel penelitian 29 peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu jenis penelitian yang menggunakan metode-metode untuk menguji teori-teori tertentu dengan cara meneliti hubungan antara variabel dan lebih menekankan pada analisis data yang diperoleh dari prosedur pengukuran dan diolah dengan metode analisis statistik dengan desain penelitian One Grup Pretest-Posttest. Dan teknik pegumpulan data yang digunakan yaitu observasi, skala,wawancara, Dokumentasi. Uji faliditas dan reliabilitas skala dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan statistik uji t-test eksperiment Hasil menunjukkan bahwa learning disorder peserta didik sebelum di beri layanan konseling kelompok berpendekatan trait and factor dikategorikan tinggi (34,37%). Setelah itu tingkat learning disorder peserta didik setelah di beri layanan konseling kelompok berpendekatan trait and factor dikategorikan rendah (6.25%). Dengan hasil uji t-test menunjukkan hasil signifikan 0,000 < 0,05. Yang artinya ada pengaruh penggunaan layanan konseling kelompok berpendekatan trait and factor untuk mengurangi learning disorder peserta didik kelas VII SMP N 2 Talang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2019/2020. Bagi sekolah dapat lebih menerapkan lagi layanan konseling kelompok berpendekatan trait and factor sebagai solusi untuk mengurangi learning disorder peserta didik

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Admin Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 30 Mar 2021 04:40
Last Modified: 03 Feb 2022 04:06
URI: http://repository.upstegal.ac.id/id/eprint/3590

Actions (login required)

View Item View Item