K A J I A N E V A L U A T I F PELAKSANAAN PROGRAM DAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DASAR GRATIS DI KOTA TEGAL

  • Drs. Gunistiyo, M.Si.
  • Dr. Yayat Hidayat Amir, M.Pd.
  • Siswanto, SH., MH.
  • Agus Setio Widodo, M.Si.
  • Inayah Adi Sari, SE.

Abstract

Pemberdayaan pendidikan dalam bingkai kebijakan otonomi
daerah, seyogianya berfokus sekurang-kurangnya pada dua dimensi.
Pertama, perbaikan mutu pendidikan secara berkelanjutan. Kedua,
pendidikan sebagai investasi peningkatan mutu sumberdaya manusia.
Dimensi pertama mengharuskan pemberdayaan pendidikan
difokuskan kepada peningkatan mutu masukan, proses, dan keluaran
pendidikan. Dimensi kedua berkenan dengan kriteria dan arah
pembiayaan pendidikan. Pelaksanaan otonomi daerah mengakibatkan
terjadinya perubahan dalam sistem alokasi dan manajemen pembiayaan
pendidikan.
Peranan Daerah menjadi lebih besar dalam menentukan berbagai
kebijakan yang berkenaan dengan penggunaan anggaran pendidikan.
Dari perspektif ini, peningkatan mutu pendidikan menuntut formulasi
pembiayaan pendidikan yang berbasis kebutuhan riil sekolah. Formula
pembiayaan tersebut dimaksudkan untuk mengakomodasi filosofi
pemerataan dan keadilan yang menjangkau semua peserta didik dari
beragam latar belakang sosial-ekonomi.
Kata Kunci: Pendididikan Gratis
Section
Articles